Kemarin waktu  pergi ke Brandon Park Shopping center, kulihat ada sekelompok burung Galah di-rerumputan dekat tempat parkir dipinggir jalan. Sayang aku tak bawa camera. Dari semua jenis burung kakatua yang ada di Australia, yang paling kusukai adalah yang namanya Galah karena warnanya yang bagus kombinasi antara merah jambu/pink dan abu abu.

Galah, Eolophus roseicapilla, adalah jenis kakatua yang paling banyak dijumpai disekitar rumah penduduk didaerah perkotaan. Burung ini berwarna merah jambu bagian dadanya dan abu abu kepala, sayap dan bagian belakangnya. Galah sering terlihat berpasangan atau berkelompok dilapangan memakan biji biji rumput. Setelah dewasa galah jantan dan betina kelihatan sama dan hanya bisa dibedakan dari warna iris matanya, yang jantan berwarna coklat kehitaman dan yang betina betina berwarna coklat kemerahan.

Seperti jenis burung kakatua lainnya, Galah bisa hidup puluhan tahun dan bisa dijadikan binatang piaraan. Sebagai binatang piaraan, bisa cepat jinak dan lekat pada pemiliknya dan bisa diajar berbicara. Banyak orang yang memelihara burung Galah memperlakukan burung ini sebagai layaknya anggota keluarga dan tidak dikurung. Dengan bebas burung ini tinggal didalam rumah dan biasanya hanya diberi tenggeran didekat tempat makan dan minumnya.

Sebagai burung piaraan tingkah laku burung Galah amat lucu dan kocak, maka ada sebutan: “You are a silly Galah!” yang maksudnya ‘Kamu konyol/tolol’.

Walaupun aku senang juga melihat burung Galah dipiara karena lucu dan bisa berbicara, namun rasanya aku lebih memilih melihat mereka hidup bebas di-habitat masing masing. Banyak jenis burung kakatua lainnya yang nyaris punah disebabkan oleh ulah manusia karena pembakaran/pembukaan hutan dan perdagangan burung dengan jalan ekspor ketempat lainnya yang bukan habitatnya. Marilah kita hentikan membeli binatang exotic dari negeri lain karena perdagangan binatang langka akan penyebabkan kepunahan.

Nanti deh, kalau kebetulan aku lihat burung Galah dan kebetulan bawa kamera, pasti akan kuporet burung yang  bagus warnanya ini. Menurutku burung Galah tidaklah konyol tapi cantik, cerdik dan amat lucu………….

This is a YouTube link to view Galah birds in the wild…. they are so cute!

About these ads