Disetiap akhir musim dingin dan menjelang musim semi, tampak bunga Camellia dan Azalea cantik menghiasi banyak kebun di daerah Melbourne sini. Persamaan antara tanaman Camellia dan Azalea adalah: keduanya menyukai tanah yang sedikit asam dan tidak menyukai kapur dan udara yang terlalu panas. Didaerah tropis akan cukup mudah tumbuh di dataran tinggi/pegunungan. Pupuk yang kami pakai adalah khusus untuk tanaman yang lebih menyukai tanah yang sifatnya agak asam dan tak suka kapur.

Camellia:

Di kebun kami, ada dua macam tanaman Camellia yaitu Camellia japonica dan Camellia sasanqua. Saat ini diawal musim dingin disini, hanya Camellia japonica yang berbunga. Sedangkan C. sasanqua berbunga dimusim gugur sampai awal musim dingin. Bunga Camellia yang cantik berwarna warni (putih, pink, merah, salmon dan keunguan) ini sayangnya tidak akan tahan lama dan  mahkota bunganya akan cepat rontok. Sering terlihat pohon Camellia yang berbunga lebat dengan banyak rontokan  bunga dibawahnya.

Jenis tanaman perdu ini yang masih bersaudaraan dengan tanaman teh (Camellia sinensis) berasal dari Asia timur dan Asia selatan, dari daerah Himalaya sampai ke China, Jepang dan Indonesia. Diperkirakan ada sekitar 100 s/d 300 jenisnya (sumber: Wikipedia).

Camellia japonica yang kami punya berbentuk standard dengan mahkota daun dibentuk bulat. Setiap cabang ranting mulai tumbuh terlalu panjang, akan kami potong untuk mempertahakan bentuknya. Dengan cara ini tanaman akan tumbuh lebih kompak dan padat.

Dengan semakin panasnya udara musim panas di Melbourne sini, Camellia lebih baik ditanam ditempat yang agak terlindung dari teriknya sinar matahari dan pemakaian kompos atau mulch dimusim panas akan melindungi tanaman dari kekeringan dan kepanasan.

Azalea:

Azalea termasuk dalam jenis tanaman Rhododendron. Jika Rhododendron merupakan perdu besar, Azalea jauh lebih kecil bentuknya.  Bentuk daun dan cabang serta rantingnya juga jauh lebih kecil. Azalea menyukai iklim sejuk dan tempat yang ternaung dari sinar matahari. Seperti Camellia, Azalea juga tidak menyukai tanah yang mengandung terlalu banyak kapur. Pemakaian kompos dan mulch akan melindungi tanaman dari kekeringan dan suhu tinggi dimusim panas.

Untuk menjaga supaya tanaman tumbuh kompak dengan banyak cabang rantingnya dan berbunga lebat, perlu untuk memangkas ujung-ujung ranting setelah selesai berbunga sekalian untuk menghilangkan bunga kering yang cenderung menempel ditangkainya.

Azalea berasal dari berbagai tempat di benua Asia, Eropa dan Amerika. Di Asia banyak dijumpai di daerah Himalaya, China, Korea dan Jepang. Bunganya beraneka ragam mulai dari putih, pink, merah, ungu dan salmon. Disaat berbunga bisa menutupi seluruh tanaman dan bunganya lebih tahan agak lama jika dibandingkan dengan Camellia. Mahkota bunga Azalea cenderung akan mengering dibatangnya dan tidak rontok seperti Camellia.

Beberapa hari kemudian banyak lagi kuncup yang mulai terbuka: