Phalaenopsis Water Culture February 20-2018

Setelah melihat video-nya Samantha’s Orchids di YouTube tentang menanam anggrek Phalaenopsis dengan media tanam air (water culture), kira-kira 7 bulan yang lalu saya mencobanya. Sekarang masih hidup atau tidak? 

Masih hidup dan tiga masih berbunga (bunga susulan), sedang sisanya sudah selesai berbunga. Dari semuanya, hampir seluruh akar lama sebelum memakai sistim water culture, sedikit demi sedikit membusuk dan dipotong. Namun dengan cepat muncul akar baru yang rupanya mulai beradaptasi dengan hidup di air. Akar baru ini tampak besar, hijau dan segar. Karena tanaman anggrek ini ditaroh didalam vase gelas, jadi akarnya bisa diamati dengan mudah. Seminggu sekali air diganti dan wadah gelas dicuci. Air dicampur dengan 1/10 (sedikit sekali) dosis pupuk cair seimbang. Air ledeng di Malbourne bisa dipakai, tapi kalau di daerah lain terlalu tinggi kadar kaporit-nya, bisa memakai air hujan atau air sumur.

Sejak musim panas tiba, saya beralih pada full water culture, dimana akar direndam terus. Nanti kalau musim dingin tiba, bisa beralih pada semi water culture, dimana akar terendam beberapa hari dalam seminggu dan sisanya dibiarkan tanpa air.

Dari semua koleksi anggrek Phalaenopsis yang saya punya dan masih hidup, 1 masih dengan media kepingan kayu, 2 dengan dibuat kokedama dan sisanya 8 tanaman memakai water culture. Kelihatannya cara menanam dengan air ini bisa berhasil. Entah nanti jangka panjang masih bisa hidup atau tidak, tinggal waktu yang bisa menjawabnya.

Oh ya, sistim water culture ini cocok buat mereka yang repot dan sering bepergian, dengan meletakkan tanaman di tempat terang tapi terlindung dari sinar matahari langsung. Didalam rumah didekat cendela yang terang cocok sekali.

Tanaman terlihat hijau dan subur, akar baru yang sudah beradaptasi dengan tumbuh di air terlihat hijau dan sehat. Daun baru juga tumbuh hijau dan segar.

Sistim akar baru yang sudah beradaptasi dengan tumbuh di air. Banyak juga akar udara yang membuat tanaman anggrek Phalaenopsis ini menarik walau tidak sedang berbunga.

Advertisements