2 Blue Orbs during super blue moon January 31-2018 10.50 pm

Sudah dua kali kamera Panasonic Lumix FH1 yang saya punya menghasilkan foto yang ada penampakan orb (lingkaran) warna biru. Aneh memang, lingkaran bulat ini tak kasat mata, tapi timbul di foto. Lingkaran bulat warna biru ini tampak begitu nyata.

Banyak yang percaya bahwa orb pada foto adalah penampakan roh, hantu atau malaikat. Namun tidak semua kamera akan memberikan penampakan ini. Sering munculnya orb pada foto adalah hasil dari kamera digital, terutama yang ukuran kecil atau juga dinamakan pocket camera. Koq aneh juga ya? Hantu ternyata juga bisa memilih, tapi milih yang murahan πŸ™‚

Kata orb berasal dari bahasa Latin Orbis yang artinya lingkaran. Salah satu arti dari orb adalah untuk menggambarkan benda langit yang berbentuk bulat seperti misalnya matahari, bulan, planet dsb. Namun didalam fotografi, timbulnya lingkaran didalam sebuah foto itu disebabkan oleh yang disebut dengan backscatter. Inilah penjelasan dari Wikipedia:

Dalam fotografi, backscatter adalah pantulan kembali dari benda-benda yang berada di area penglihatan lensa yang menimbulkan titik-titik cahaya muncul di dalam foto. Karena inilah dipakai istilah ‘orb artifacts’. Backscatter pada foto bisa timbul dari butiran salju, hujan atau kabut dan debu yang terbang di udara. Karena terbatasnya ukuran kamera kompak dan ultra-kompak, terutama pada kamera digital, jarak antara lensa dan blitz kamera (built-in flash) berkurang, dengan demikian mengurangi sudut pantulan cahaya ke arah lensa yang penyebabkan tampaknya pantulan cahaya pada partikel kecil yang tak kasat mata. Dengan demikian, orb artifact seringnya dihasilkan oleh kamera digital kecil.

Gerhana bulan kemarin ini Januari 31,2018 yang merupakan super blue blood moon, tampak jelas sekali di Melbourne. Salah satu photo adalah sebelum terjadi gerhana dan bulan super blue tampak besar dan terang sekali. Di foto ini ada dua orb biru, satu didekat bulan yang bersinar terang dan satu lagi didekat awan. Sedangkan dua titik cahaya putih kecil kearah bawah adalah lampu jalanan. Kedua foto lainnya adalah orb yang di perbesar dan diperjelas secara digital.

Gerhana bulan 8 Oktober 2014 yll tidak tampak sempurna di Melbourne sini karena cuaca mendung. Namun saya sempat memotret saat gerhana penuh sebelum awan kembali menutupi bulan yang berwarna oranye tersebut. Hasilnya tidak begitu bagus tapi bisa tampak bulannya dan satu orb biru dan beberapa orb kecil lainnya. Ini fotonya komplit dengan orb biru yang berhasil kami utak utik secara digital sehingga menghasilkan gambar yang indah. Foto kiri: Bulan disaat gerhana berwarna oranye tampak ditengah dengan orb biru disebelah kanan. Gambar kanan adalah orb yang diperbesar dan dipercantik secara digital.

Sekarang pertanyaan saya: Orb biru yang ada di dua foto diatas adalah pantulan cahaya pada benda apa ya? Partikel air atau debu di udara? Keduanya terlihat jauh, tidak dekat dengan lensa dan tampak cantik setelah di perbesar dan diperindah warnanya.

Advertisements