Phalaenopsis semi water culture after roots clean up - August 16-2017

Ini hanya sekedar catatan pribadi tentang perkembangan memakai sistim ‘semi water culture’.

Menanam anggrek dengan ‘water culture’ adalah dengan media air. Tanaman ditaroh didalah gelas transparan dengan akar telanjang tanpa media tanam padat sama sekali. ‘Semi water culture’ adalah dengan merendam 1/3 akar dengan air selama 2 hari dalam seminggu dan 5 hari tanpa air. Sedangkan ‘full water culture’ adalah dengan terus menerus merendam 1/3 akar dengan air.

Setelah kira-kira sebulan kami memakai cara semi water culture, beberapa anggrek Phalaenopsis harus diperiksa sistim akarnya. Ini bisa dilakukan disaat membuang atau mengisi air. Saya perhatikan yang sebelumnya ditanam dengan media tanam sphagnum moss yang padat sekali, akarnya banyak yang patah walaupun masih kelihatan cukup sehat. Namun setelah beberapa minggu akar yang patah ini akan tidak sehat lagi dan harus dipotong karena kalau tidak akan membusuk.

  • Pemeriksaan akar ini amat penting sekali, terutama pada awal menggunakan sistim water culture.
  • Bagaimana cara mengetahui akar yang sudah tidak berfungsi lagi?
  • Caranya adalah dengan memencet perlahan akar-akarnya.
  • Walau akar kelihatan menggelembung hijau, tapi ada yang kosong tinggal selongsongnya saja. Ini tandanya akar ini sudah tak akan berfungsi lagi dan harus dipotong. Kalau dibiarkan akan menyebabkan pembusukan dan pencemaran.
  • Akar yang sehat akan terasa keras waktu dipegang.
  • Saya perhatikan hanya akar yang sejak semulanya sudah patah yang akan kosong/mati.

Sejauh ini, walau baru kira-kira sebulan lamanya, saya cukup optimistik cara water culture ini akan berhasil, Semua tanaman aggrek Phalaenopsis kami yang memakai sistim water culture masih kelihatan sehat dan yang berbunga, bunganya masih segar serta kuncup bunga juga bisa mulai mekar. Daunnya kelihatan hijau tebal dan segar. Dengan akar telanjang didalam wadah gelas yang transparan, gampang untuk diamati. Kalau ada akar yang tidak sehat bisa cepat dipotong.

Gambar dibawah ini adalah tanaman anggrek Phalaenopsis setelah akarnya dibersihkan:

 

Dibawah ini adalah potongan akar-akar yang tinggal selongsongnya saja dari 5 tanaman yang baru dibeli dan langsung diganti dengan memakai semi water culture. Kelihatan banyak sekali tapi jangan kuatir karena sedikit akar yang sehat masih bisa berfungsi dengan baik:

Phalaenopsis semi water culture - dead roots

Catatan: Dari Internet saya lihat banyak orang menggunakan metoda water culture ini untuk jenis tanaman anggrek lainnya seperti misalnya jenis anggrek Dendrobium. Namun saya pribadi tidak akan menggunakan cara water culture kalau jenis anggrek tersebut sudah berhasil tumbuh dengan baik dengan cara tradisional memakai media tanam anggrek (orchid potting mix). Selama ini bagi saya metoda water culture ini masih dalam taraf percobaan dan hanya digunakan untuk anggrek Phalaenopsis yang banyak rewelnya ditanam dengan cara tradisional di Melbourne sini.

Advertisements