Indoor Plants - Living Room

Cukup banyak tanaman yang bisa ditaroh didalam rumah untuk hiasan ruangan. Selain untuk mempercantik dekorasi, disebutkan bahwa ada jenis tanaman yang bisa membersihkan udara didalam rumah dari segala racun dan radiasi yang berasal dari peralatan listrik, asap dari rokok dan dapur, bahan cat, plastik dan juga pembersih rumah (cleaning spray dsb), micro organisme seperti misalnya jamur dll. Tanaman pembersih udara tersebut misalnya Lidah Mertua (Sansevieria), Pakis, Bambu mini, Dracaena (sejenis tanaman Suji), Peace dan Spider lily, Sirih Belanda dsb.

Walaupun tanaman ini bisa tumbuh didalam rumah, syarat utama adalah meletakkannya ditempat yang terang dan terkena cukup sinar matahari, misalnya dekat jendela. Juga penyiraman harus diperhatikan supaya pot tidak terendam air, dan media tanam harus dijaga supaya tidak kekeringan dan juga tidak terlalu basah sekali karena bisa menyebabkan pembusukan. Juga diperlukan sirkulasi udara yang bagus, misalnya dengan sering membuka jendela. Seperti semua perabotan didalam rumah yang mudah berdebu, tanaman juga akan dilapisi oleh debu. Supaya daun bisa bernafas, sekali-kali harus dilap untuk menghilangkan lapisan debu, juga untuk mempercantik rupa tanaman tersebut.

Tergantung dari jenis tanamannya, setelah beberapa tahun perlu untuk mengganti media tanam atau kalau tanaman sudah memenuhi pot bisa dipindahkan ke dalam pot yang lebih besar atau kalau mungkin bisa dibelah menjadi beberapa tanaman. Pupuk juga diperlukan untuk kesehatan tanaman. Pemakaian pupuk bisa disesuaikan dengan kebutuhan tanaman masing-masing. Saya pribadi suka memakai pupuk cair dengan dosis separoh saja.

Tanaman dalam rumah apa saja yang saya punya?

Calathea: Jenis tanaman tropis ini, didaerah Melbourne sini cocok untuk di tanam didalam rumah. Namun di daerah tropis selain diluar juga bisa ditanam di ruangan yang terang. Tanaman ini terkenal dengan kecantikan bentuk dan warna daunnya. Menyukai media tanam kaya bahan organik dan lembab.

 

Begonia rex: Jenis Begonia rex cocok untuk ditanam didalam ruangan. Daunnya yang cantik warna warni jauh lebih menarik dari bunganya yang hanya kecil dan sederhana saja. Begonia rex ini juga cocok untuk ditanam didalam terrarium. Suka dengan tanah yang lembab dan kaya zat organik.

 

Peace Lily (Spathiphyllum): Tanaman pembersih udara ini cepat tumbuh memenuhi pot. Bunganya putih bersih. Sedikit pupuk cair cukup membuat tanaman ini rimbun hijau. Untuk menyiram biasanya saya tunggu sampai daun terlihat mulai sedikit lunglai menunduk. Kalau masih tegak dan segar tandanya tak perlu disiram.

 

Lidah Mertua (Sansevieria): Tanaman lidah mertua banyak sekali dijumpai di Indonesia. Dulu dibelakang rumah tante di Jebres Solo, tanaman ini tumbuh liar dipinggiran parit hitam dan kotor. Dulu kami selalu menganggap tanaman ini menjijikkan karena kami lihat tumbuh di parit, baru setelah hidup di Australia saya bisa lebih menghargai tanaman ini. Merupakan salah satu tanaman pembersih udara, lidah mertua sekarang bisa didapatkan dalam berbagai bentuk dan warna. Ada yang tumbuh tinggi dan panjang seperti pedang, ada yang tumbuh mungil dan rendah. Corak warnanya juga berbagai macam. Yang kami punya adalah dua macam, satu tumbuh tinggi dengan pinggiran daun warna krem dan satu lagi mini (S. Hahnii). Yang mengherankan dari tanaman ini adalah daunnya bisa bertahun tahun awet sekali tidak kering.

 

Dracaena (sejenis tanaman Suji): Tanaman ini di daerah tropis bisa ditanam diluar atau didalam rumah. Di Indonesia ada sejenis tanaman Dracaena (Dracaena angustifolia) atau juga disebut tanaman Suji yang daunnya dipakai untuk pewarna kue. Yang kami punya adalah Dracaena fragrans (Corn plant). Mudah ditanam dari potongan dahan.

 

Palem Chamaedorea elegans (Parlour Palm): Tanaman jenis palem kecil ini cocok untuk ditanam didalam pot dan tumbuh subur dalam ruangan atau di beranda rumah. Walau tanaman ini lebih suka media tanam yang sedikit kering, tapi bukan berarti tanpa air sama sekali. Jadi penyiraman bisa dilakukan setelah tanah kelihatan/terasa kering. Dijaga supaya pot tidak terendam air. Cukup diberi pupuk satu kali setiap 1 atau 2 bulannya dengan pupuk organik. Tanaman parlour palm ini berbunga mungil kuning warnanya.

 

Sirih Belanda (Pothos, Devil’s Ivy): Mudah sekali menanamnya dan untuk daerah tropis bisa ditanam diluar atau didalam rumah. Cantik untuk ditanam dengan memakai pot gantung atau didalam pot dengan tanaman dirambatkan keatas. Daunnya yang berbentuk hati dan campuran warna hijau dan krem cantik sekali. Tanaman ini dengan mudah bisa di tanam dari potongan dahannya. Jaga supaya media tanam cukup basah, jangan sampai kekeringan. Sirih Belanda juga merupakan tanaman pembersih udara terutama bisa menyerap asap rokok.

 

“Saya menanam tanaman karena banyak alasannya: untuk menyenangkan pandangan mata atau untuk menyenangkan jiwa, untuk menghadapi tantangan alam atau untuk menguji kesabaran, untuk hiasan atau untuk nostalgia, tapi yang terutama karena rasa senang melihatnya tumbuh” David Hobson.

 

Advertisements