Cart made of pomelo skin

Mainan kereta dari kulit jeruk gulung

Dua tahun terakhir ini mulai banyak dijual pomelo di daerah Melbourne sini. Harganya juga jauh lebih murah dari sebelumnya. Sekarang sedang mulai musim buah jeruk besar ini. Di Green Grocer Asia (toko buah dan sayuran), buah ini yang kelihatannya hasil panen dari Australia, ditempatkan di kotak kayu besar. Buah jeruk pomelo ini lebih dikenal dan disukai oleh orang Asia.

Perbandingan buah pomelo dengan buah jeruk lainnya: jeruk sunkist (orange), keprok (mandarin) dan lemon.

Pomelo and other citrus fruits

Pomelo di Indonesia umum disebut jeruk Bali atau orang Jawa bilang jeruk gulung. Sudah dua kali saya beli jeruk ini dan daging buahnya berwarna putih. Tekstur daging buah agak kaku tapi cukup enak tidak sepa. Rasanya manis tanpa ada rasa asam maupun pahit.

 

 

Jeruk yang berukuran besar ini membawa kenangan manis saat masih kecil dulu. Waktu itu di halaman rumah tumbuh pohonnya yang tidak terlalu tinggi dengan dahan-dahan yang banyak cabangnya tumbuh melebar. Kalau sedang berbuah dan sudah masak, saya yang saat itu masih kecil bisa memetiknya. Buahnya jauh lebih besar dari pada yang saya beli disini, dan warna daging buahnya merah muda. Tekstur daging buah lemas dan banyak airnya. Rasanya manis segar dengan sedikit rasa asam. Kalau mama mengupas buah jeruk ini, saya dan kakak sering membuat kereta-keretaan dari kulitnya yang tebal. Ukuran roda harus sama dan benar bulat supaya bisa berputar. Kalau sudah jadi diberi tali dan bisa ditarik. Heran jaman itu lebih dari 50 tahun yang lalu, anak-anak cukup puas dan senang dengan mainan yang amat sederhana. Sudah lama pohon jeruk gulung ini ditebang karena pohonnya semakin tua dan tidak produktif lagi.

Buah jeruk ini enak dimakan begitu saja dan kalau jenisnya bagus, tidak akan terasa pahit maupun asam. Kulit luarnya tebal dan bentuk buah bagian dalam tidak rata benjol-benjol. Kulit bagian dalam tidak enak untuk dimakan jadi harus dikupas, tapi mudah mengupasnya, serta daging buahnya bisa terlepas utuh. Karena mudah dikupas, jeruk ini cocok untuk campuran rujak atau fruit cocktail. Bagi mereka yang beragama Konghucu/Tao, jeruk gulung aka jeruk Bali aka pomelo ini umum dipakai untuk sajian altar, misalnya di saat tahun baru.

 

 

 

 

Advertisements