ficus-watkinsiana

Semuanya bermula pada sebuah biji beringin jenis Ficus watkinsiana yang disebarkan oleh kotoran burung. Biji yang tidak tercerna ini jatuh pada lekukan dahan sebuah pohon besar di hutan yang kemudian mulai tumbuh. Sedikit demi sedikit beringin ini mulai tumbuh batang dan daunnya. Namun yang jauh lebih cepat tumbuh adalah akarnya. Akar-akar ini menumbuhkan banyak cabang dan semuanya tumbuh menempel pada batang pohon yang ditumpanginya dan menjulur kebawah kearah tanah. Yang sudah menyentuh permukaan tanah akan menanamkan diri untuk bisa menghisap air dan nutrisi tanah hutan yang lembab dan subur.

Dengan semakin banyak dan semakin besarnya akar-akar pohon beringin ini, semakin besar pula cabang, ranting serta daunnya yang tumbuh menjulang tinggi keatas,untuk mencari sinar matahari di hutan yang teduh itu. Hari demi hari, bulan-bulan terlewati dan tahun demi tahun datang silih berganti , pohon bernasib malang yang ditumpangi oleh beringin ini mulai tercekik dan kelaparan karena akarnya terkalahkan oleh beringin si penumpang yang tak tahu diri. Sedikit demi sedikit, pohon yang ditumpangi itu layu daunnya, kering ranting dan dahannya sebelum akhirnya mati. Waktupun berlalu dan lambat laun pohon dengan batang yang besar ini mulai rapuh. Akar beringin yang melilitnya semakin tumbuh kuat dan besar, merajut dan merangkum batang rapuh itu. Sedikit demi sedikit kerapuhan menjadi kehancuran dan setelah semuanya hancur berantakan dipermukaan tanah, yang tertinggal hanyalah kerangka akar beringin yang sekilas terlihat seperti batang besar aneh yang kosong dalamnya. Namun kalau kita arahkan pandangan keatas, jauh disana terlihat batang beringin yang sebenarnya.

Inilah kisah tumbuhnya sebuah pohon asli Australia dari jenis beringin yang dikenal dengan nama Strangler Fig atau Ficus watkinsiana. Beringin hutan dengan batang aneh yang sebenarnya jaringan akar diatas tanah ini berasal dari daerah New South Wales utara dan daerah Queensland timur laut. Bisa tumbuh lebih dari 30 meter tingginya. Pohon ini banyak didapati di Dorrigo National Park di New South Wales yang terkenal juga sebagai tempat camping. Photo-photo ini diambil oleh anak kami waktu camping disitu beberapa tahun yang lalu.

ficus-watkinsiana-australian-native-tree

ficus-watkinsiana-strangler-fig

Gambar dibawah ini (dari Wikipedia) memperlihatkan proses melilitnya akar pohon Ficus watkinsiana di sekeliling batang pohon yang ditumpanginya. Masih kelihatan jelas batang pohon yang ditumpangi yang cukup besar ukurannya.

ficus-watkinsiana-dan-pohon-yang-ditumpangi

Sumber gambar ini: Wikipedia.

Kadang kala kehidupan alam yang indah itu cukup kejam dan mematikan. Namun pepohonan itu tidak memiliki nurani dan sudah ditakdirkan demikian. Kita manusia ditakdirkan dengan memiliki akal, pikiran, toleransi dan welas asih. Tidak seharusnya kita bertingkah laku seperti pohon pencekik ini.