terrarium-taman-lumut-oktber-2016

Setelah banyak lihat artikel tentang menanam lumut di internet, akhirnya sisa lumut yang tadinya saya tanam didalam wadah plastik dijadikan terrarium. Terrarium adalah seni menanam didalam gelas.

Membuat taman lumut dalam gelas cocok untuk dilakukan oleh siapapun, mulai dari anak-anak sampai orang tua. Kegiatan ringan yang menghasilkan sesuatu yang unik dan cantik dengan meniru pemandangan lembah hijau. Ongkosnya juga murah, lumut tak usah dibeli, tapi bisa dicari di kebun atau daerah didekat sungai. Kerikil dan batupun bisa dicari disekitar halaman rumah. Membuatnya sederhana sekali tak usah memakai tanah karena lumut bisa tumbuh ditempat yang tak ada tanahnya misalnya di bebatuan. Syarat utama buat lumut agar hidup adalah harus senantiasa basah dan lembab. Jadi sering-sering disemprot air.

Lumut hidup bisa dicari di sekitar halaman atau kebun terutama dimasa musim penghujan.  Cari di bagian kebun yang terlindung dari matahari dan lembab dimana biasanya tumbuh lumut. Juga bisa dicari di pinggir sungai atau danau. Cara mengambil lumut adalah dengan perlahan-lahan mengeroknya dengan pisau atau alat lainnya yang sesuai. Usahakan agar bagian bawahnya yang bercampur dengan tanah masih menempel dan lumutnya dilepaskan dalam bentuk gumpalan.

Ini yang diperlukan:

  • Tempat dari gelas misalnya stoples atau gelas tempat ikan koki.
  • Beberapa macam tanaman lumut yang masih hidup.
  • Batu kerikil kecil.
  • Batu besar yang bagus bentuknya untuk hiasan.
  • Air bersih

terrarium-moss-garden-what-you-need

Cara membuatnya sederhana sekali. Basahi kerikil dan batu terlebih dahulu. Pertama atur kerikil didasar gelas dan atur dimana akan meletakan batu penghias.Kemudian letakkan gumpalan lumut menutupi seluruh permukaan kerikil. Kalau bisa pakai beberapa jenis lumut yang berbeda tekstur dan warnyanya supaya menimbulkan kontras. Setelah selesai semprot lumut supaya basah dan lembab. Taroh terrarium ini di dalam rumah/beranda yang teduh dan cukup terang.

terrarium-taman-lumut

Contoh lain:

Terrarium tertutup dari stoples gelas. Tanaman didalamnya adalah Lumut (Moss) dan Wild Violet (Viola sp.). Karena tertutup, kalau sistim kehidupan didalam terrarium ini sudah mapan dan berjalan, tak lagi perlu diberi/disemprot air dan hanya dibuka kalau perlu untuk membersihkan permukaan kaca didalamnya.

terrarium-wild-violet-and-moss

Update Oktber 31, 2016 – Model lain lagi:

Setelah di lihat-lihat, jadi tak puas dengan terrarium taman  lumut pertama yang dibuat beberapa hari yang lalu. Jadi saja semalam semuanya saya bongkar kembali dan di atur lagi dengan mengambil tema : Rumah di Atas Bukit. Kebetulan punya hiasan rumah-rumahan mungil. Punya juga tutup panci yang pas dengan tempat gelas jadilah terrarium tertutup hingga selalu lembab dan tidak cepat kering.

Untuk membuat tebing, lempeng batu yang bentuknya menarik diberdirikan dan belakangnya diisi kerikil atau pasir.Supaya bukitnya bisa terlihat menggunduk, saya pakai tanah liat yang dibasahi dulu sehingga bisa dibentuk, baru kemudian lumut diletakkan diatasnya.

terrarium-house-on-the-hill-oct-31-2016