peace-rose-october-04-2016

Diawal musim semi saat ini di Melbourne sini, cuaca yang tak ramah dengan banyaknya hujan dan angin dingin, tidak membuat pohon bunga mawar Peace Rose kami enggan berbunga. Sebaliknya ‘Mawar Perdamaian’ ini malah mulai berbunga setelah selesai beristirahat selama musim dingin. Satu bunga sudah mulai mekar dengan warna kuning bersemburat merah muda.

Bagi mereka yang suka menanam bunga mawar, pasti mengenal Hybrid Tea Rose yang diberi nama ‘Peace’ (Perdamaian) ini. Jenis mawar hibrida ini memiliki bunga yang besar cantik memukau. Kombinasi warnanya kuning lembut dengan semburan warna merah muda di pinggiran mahkota bunganya memberi kesan ‘adem ayem’ buat yang melihatnya. Mawar ini adalah hasil jerih payah seorang hortikulturis Perancis bernama Francis Meilland yang menyilangkan banyak bunga mawar diantara tahun 1935 – 1936. Penyilangan dilakukan dengan menyilangkan serbuk bunga dan mencangkok.

Disaat Meilland menyadari bahwa Jerman mulai menguasai negaranya (Perancis) di saat Perang Dunia II. ia mencoba menyelamatkan tanaman mawar miliknya dengan cara mengirimkannya ke beberapa teman di Amerika, Turki, Itali dan Jerman supaya bisa dikembang biakkan. Kemudian hari setelah perang dunia berhenti, Meilland mengajukan permintaan khusus kepada pahlawan perang Inggris Field Marshal Alan Brooke agar namanya boleh dipakai untuk salah satu mawar hasil silangannya. Rupanya Viscount Alanbrook merasa lebih pantas kalau mawarnya diberi nama ‘Peace’ yang artinya perdamaian. Sejak saat itu mawar silangan yang tadinya di beri nama Rosa Mme A Meilland tersebut diberi nama trademark Rose ‘Peace’.

Disaat pertemuan sidang PBB yang pertama di San Francisco tahun 1945, semua delegasi yang hadir mendapatkan setangkai bunga mawar ini dengan catatan yang menuliskan: “Kami mengharapkan bunga mawar ‘Perdamaian’ ini akan membuat manusia lebih memikirkan perdamaian dunia yang kekal abadi”

Sejak saat itu bunga mawar ‘Perdamaian’ ini menjadi salah satu bunga mawar terindah. Saat ini bisa didapatkan dalam bentuk perdu atau merambat. Bunganya yang super besar memiliki harum lembut, mahkota bunganya bertumpuk dengan jumlah lebih dari 50 lembar mahkota bunganya. Tanaman mawar ini memiliki dahan kuat dengan daun besar yang cantik berwarna hijau tua. Dengan sifat tanaman yang lebih tahan serangan hama dan tangkai bunga panjang, tanaman Rose ‘Peace’ sampai saat ini masih dipasarkan dan disukai oleh semua pencinta bunga mawar.

Catatan: Bunga mawar ini warnanya akan sedikit lebih pinky kalau udaranya dingin dan banyak hujan, lebih terlihat kuning jika udara lebih kering dan panas.

Gambar dari tahun lalu: