jasminum-polyanthum-september-2016

Disaat musim dingin hampir berlalu dan musim semi menjelang, tanaman melati jenis Jasminum polyanthum mulai berbunga. Wanginya yang semerbak akan tercium jauh terbawa tiupan angin. Tanaman yang merambat ini terus berbunga beberapa bulan sebelum musim panas tiba. Disekitar Melbourne sini, banyak orang menanamnya dengan merambatkannya di sepanjang pagar, tiang rumah atau di atas para-para. Sebelum mekar, kuncup bunganya berwarna pink, tapi setelah kuncup terbuka mahkota bunganya berwarna putih. Selain disebut dengan nama Pink Jasmine, tanaman ini juga dikenal dengan nama Winter Jasmine atau Chinese Jasmine.

Jasminum polyanthum menyukai sinar matahari supaya bisa berbunga lebat. Lebih bagus menghadap kearah timur untuk menghindari panasnya sinar matahari sore. Waktu pertama ditanam pemakaian kompos akan membantu pertumbuhan. Setelah mapan, tanaman ini akan tumbuh dengan baik tanpa minta banyak perhatian. Kalau mendapatkan cukup banyak sinar matahari, bunga akan tumbuh lebat.

Setelah selesai berbunga, lebih baik dipangkas ujung ujung rantingnya untuk menghilangkan bunga yang mengering dan supaya terlihat rapi. Punya kami saat ini sedang berbunga lebat setelah tahun lalu tidak berbunga sama sekali karena suami saya memangkasnya dekat dengan permukaan tanah.

jasminum-polyanthum-flower-size