Ingat dulu waktu saya masih kecil, waktu alm. papa nyetir mobil keluar kota, sering beliau itu ngantuk. Kalau sudah terlihat kepala mulai terangguk, mama terus mengeluarkan camilan untuk papa untuk menghilangkan ngantuk. Untung dijaman itu ditahun enam puluhan jalanan di daerah Jawa tengah masih cukup kosong. Mama tak bisa nyetir jadi tak bisa bisa gantian nyetirnya. Walau katanya semakin kenyang orang akan semakin ngantuk, tapi nyetir sembari nyamil memang membuat papa saya tidak ngantuk lagi🙂

Driver Reviver Road Sign

Photo Source: abc.net.au

Menurut SES (State Emergency Service) di Australia, salah satu penyebab yang bisa menyebabkan kecelakaan di jalan raya adalah lelah. Kalau kecelakaan di jalanan kota sering disebabkan karena kecepatan/speeding, pengaruh minuman alkohol atau kurang konsentrasi, tapi dalam perjalanan jauh antar kota penyebab utama seringnya adalah pengemudi yang lelah dan ngantuk.

Dianjurkan sebelum memulai perjalanan panjang, pengemudi harus cukup tidur dan dalam keadaan fit. Nyetir antar kota di Australia itu bisa melalui jalan raya (highway) sepi yang panjang tanpa melewati banyak desa atau kota. Walau cukup tidur sebelumnya, bisa saja pengemudi merasa lelah setelah nyetir agak lama. Untuk menghindari kecelakaan lalu lintas karena kelelahan, ada yang namanya State Emergency Service ‘Driver Reviver’. Ditempat-tempat tertentu di highway akan ada tempat khusus dimana mobil bisa berhenti dan parkir dengan aman sehingga pengemudinya bisa beristirahat. Biasanya di lokasi ini juga terdapat toilet, bangku dan meja. Dianjurkan untuk tidur sebentar (powernap) atau hanya sekedar istirahat meluruskan kaki. Pada saat liburan, seringnya akan ada  kopi atau teh gratis. Anggota berbagai klub seperti misalnya Lion, Rotary Club dsb membaktikan diri untuk kepentingan masyarakat dengan jalan menyediakan kopi atau teh panas yang disupply oleh Bushells Coffee & Tea. Selain untuk pengemudi, para voluntir yang ramah tamah juga bersedia memberi minum buat semuanya di mobil, semuanya gratis tak usah bayar.