Zygocactus - Small Red

Zygocactus, Crab’s claw cactus (Schlumbergera truncata) dikenal dengan nama  Christmas cactus dibelahan bumi bagian utara. Di Australia, jenis kaktus epifit ini berbunga di akhir musim gugur dan musim dingin yang jatuh pada bulan Mei s/d Agustus. Karena tidak berbunga disekitar hari Natal di bulan Desember, kami di Australia tidak menyebutnya dengan nama Christmas cactus, tapi lebih umum dikenal dengan nama Zygocactus atau Crab’s claw cactus karena bentuk daunnya mirip dengan capit kepiting.

Asal mulanya tanaman Schlumbergera truncata banyak tumbuh liar di Brazilia disekitar hutan pegunungan tropis dan semi-tropis. Yang sekarang banyak dijual dengan warna warni cantik; merah, pink, ungu, salmon, putih dsb adalah hasil berbagai macam silangan.

Zygocactus yang merupakan salah satu jenis kaktus hutan ini ditempat asalnya tumbuh di dahan pepohonan atau celah-celah bebatuan di lereng gunung. Juga karena bunganya yang cenderung menggelantung, maka cocok sekali untuk ditanam di pot gantung. Supaya bisa berbunga, diperlukan waktu siang hari yang pendek dan malam hari panjang dan sejuk dimusim gugur.  Untuk daerah tropis yang panas, cocok untuk daerah pegunungan yang lebih dingin dimalam hari. Sebagian orang berpendapat bahwa Zygocactus enggan berbunga jika terkena terang sinar lampu dimalam hari, jadi dianjurkan untuk meletakkannya ditempat gelap dimalam hari.

Media tanam yang cocok adalah yang subur dan cepat menyerap air (air dengan mudah mengalir keluar melalui lubang pot). Campuran potting mix biasa dengan saedikit kompos cukup memadai. Pemakaian pupuknya sedikit saja, kami menggunakan pupuk cair setengah ukuran.

Kalau terkena terlalu banyak sinar matahari dimusim panas daun akan terbakar, jadi posisi harus yang terang agak ternaung. Kalau terlalu banyak air, daun akan terlihat layu dan membusuk. Jadi penyiraman hanya dilakukan kalau media tanam sudah mulai mengering atasnya.

Tanaman ini mudah dikembang biakkan dengan potongan daun. Karena bunga hanya tumbuh diujung daun, maka kebiasaan memetik daun disaat selesai berbunga akan mendorong tanaman untuk membentuk banyak cabang supaya lebih banyak bunganya.

Tahun ini, musim gugur yang cukup dingin  membuat tanaman Zygocactus kami berbunga lebat dan agak lebih awal dari biasanya.