Pinapple Plant - Prickly Leaves

Tanaman nanas alias Ananas comosus memang masih sesaudaraan dengan tanaman Bormeliad. Kalau beli nanas dan masih ada mahkota daunnya, jangan dibuang karena mahkota daun itu bisa ditanam. Seperti tanaman Bromeliad (Bromeliacea), nanas cantik untuk ditanam didalam pot yang cukup besar. Karena tumbuhnya lambat, biasanya nanas didalam pot baru akan berbuah setelah 2 s/d 3 tahun umurnya. Setelah berbuah akan tumbuh anakannya yang bisa jadi tanaman baru.

Barusan memindahkan 3 tanaman nanas karena potnya kekecilan. Ketiganya ditanam kira-kira setahun yang lalu. Dua adalah jenis nanas berbuah besar yang rasanya asam manis (cocok untuk selai) dengan kulit hijau kekuningan dan daunnya halus tak berduri. Satu lagu jenis berkulit kuning oranye, manis dan daunnya berduri. Sudah tak ingat lagi apa nama jenis nanas ini, atau mungkin waktu dibeli dulu nama tak dicantumkan.

Ingin punya tanaman nanas? Ikuti langkah ini:

  • Beli buah nanas yang rasanya cocok dengan selera dan masih ada mahkota daunnya. Pilih yang daunnya masih kelihatan segar.
  • Potong mahkota daun (bisa dengan jalan memuntirnya), dan lepaskan beberapa daun dibagian bawah hingga kelihatan bonggolnya.
  • Bisa langsung ditanam di tanah di kebun atau didalam pot.
  • Bisa juga ditaroh diatas gelas yang diisi air dan bagian bawah mahkota (bonggolnya) terendam air. Letakkan ditempat yang hangat dan terang, setelah tumbuh akar, baru ditanam. Yang saya punya langsung ditanam, jadi tidak merendam dan menumbuhkan akar dulu.
  • Tanah yang diperlukan adalah yang subur dan mudah menyerap air. Bisa ditambahkan kompos atau pupuk kandang. Tidak cocok untuk tanah lempung yang berat dan liat.
  • Kalau ditanam di kebun tidak terlalu tergantung pada penyiraman apa lagi dimusim hujan. Dimusim kemarau bisa disiram secukupnya. Kalau didalam pot harus diperhatikan supaya tanaman tidak kekeringan.
  • Posisi tanaman harus ditempat yang terang banyak mendapatkan sinar matahari.

Pinapple - Ananas comosusPineapples - Smooth LeavesTanaman Nanas - Ananas comosusPineapples