Cabe Kering

Sampai sekarang di Melbourne sini harga cabe segar masih tetap mahal. Cabe rawit (Bird’s Eye Chilli) akhir-akhir ini agak murah, tapi cabe merah tetap lebih mahal. Yang murah melimpah kalau lagi musimnya adalah jenis Capsicum dan Paprika yang rasanya manis dan tidak pedas sama sekali. Bagi mereka yang tidak suka pedas, kalau memasak hidangan Indonesia yang bercabe seperti misalnya sambal goreng dsb tepat sekali, tapi kalau suka pedas hanya dengan capsicum pasti kurang pas.

Ingat dulu di tahun 1983 waktu pertama tiba di negeri kangguru ini, cabe tidak sebanyak seperti sekarang dan harganya jauh lebih mahal lagi.  Dengan semakin banyaknya pendatang dari Asia, semakin banyak juga cabe dijual terutama di toko bahan makanan Asia. Harganya sekarang agak miring tapi tetap mahal dibandingkan dengan harga capsicum.

Ingat dulu ingin bikin sambal tapi cabenya mahal sekali, jadi mencoba memakai cabe kering yang sampai sekarang juga masih banyak dijual. Jadi saja waktu itu membuat sambal terasi cabe goreng dengan bahan capsicum merah dengan dicampur dengan cabe kering. Hasilnya ternyata sedap juga dan yang penting rasanya pedas. Sejak saat itu sampai sekarang kalau saya membuat sambal pasti memanfaatkan cabai kering yang harganya murah meriah dan selalu tersedia di toko di musim apapun. Di Melbourne sini cabe kering ada yang cabe rawit atau cabe merah.

Walau ada beberapa masakan yang memang ‘harus’ pakai cabe kering (misalnya berbagai macam hidangan Mexico), proses pengeringan cabe ini seringnya dimaksudkan untuk mengawetkan surplus panen yang melimpah dan memanfaatkannya nanti disaat tidak musim panen. Juga pengeringan cabe bisa membantu petani supaya harga bisa stabil, tidak anjlok selagi musim panen tapi mahal sekali kalau tidak saat panen besar. Selain orang Mexico, saya perhatikan orang dari India, Srilanka dan daerah Sichuan di China banyak menggunakan cabe kering.

  • Kalau beli cabe kering (utuh) pilih yang warnanya cerah dan tidak berjamur. Cek tanggal kedaluwarsanya. Kalau baunya apek jangan dipakai lagi.
  • Simpan di wadah kedap udara (misalnya stoples atau kaleng), letakkan ditempat yang gelap misalnya di dalam almari.
  • Cabe kering yang utuh lebih bagus karena bisa dengan jelas terlihat kwalitasnya, misalnya jamuran atau tidak. Kalau sudah digiling tak kelihatan.
  • Sebelum digunakan untuk memasak, tuangi air mendidih dan rendam sampai cukup lunak. Setelah lunak blender sampai halus, atau bisa juga diulek dan diiris sesuai dengan kebutuhannya.
  • Cabe kering enak buat berbagai macam hidangan seperti misalnya berbagai macam sambal goreng, rendang, balado, gulai, lodeh, oseng-oseng,  dan sambal rebus atau berbagai macam sambal lainnya yang diolah (bukan mentah).
  • Kalau ingin mengeringkan cabe sendiri, bisa dilakukan dengan memilih cabe yang berwarna merah dan berkualitas bagus dan segar. Caranya dengan menjemur di panas sinar matahari, didalam oven suhu rendah atau dengan merenteng dan menggantungnya di ruangan kering yang cukup terang dengan sirkulasi udara cukup baik untuk menghidarkan pembusukan.

Sambal Terasi Cabe Goreng:

Bahan:

  • Segenggam cabe merah kering, tuangi air mendidih dan rendam hingga cukup lunak.
  • 1 Cabe Capsicum/Paprika merah yang besar, buang bijinya dan iris-iris (optional, kalau tidak ada tak usah pakai).
  • 2 butir Tomat Merah, cuci iris-iris. (Bisa memakai tomat kalengan).
  • Bawang merah/Bombay secukupnya, iris kasar.
  • Bawang Putih secukupnya, iris kasar.
  • Terasi secukupnya.
  • Kira-kira 3 sendok makan Minyak Goreng.
  • Garam secukupnya.
  • Gula Jawa secukupnya.

Goreng bawang merah dan putih sampai harum. Setelah itu masukkan semua bahan lainnya dan tumis hingga cukup lunak. Masukkan kedalam blender untuk menghancurkannya, setelah halus tumis kembali hingga sambal betul-betul matang agar tahan lebih lama. Kalau mau sambal ini juga bisa diulek dengan cobek dan muntu.

Bahan Sambal

Sambal sedang digoreng

Sambal sedap

Capsicum/Paprika, beraroma cabe tapi rasanya manis tak pedas.

Capsicum/Paprika, beraroma cabe tapi rasanya manis tak pedas.

Cabe kering dari Thailand

Cabe kering dari Thailand

Update 13 Oktober 2015:

Menarik sekali untuk mengetahui begitu banyak macam cabe di Mexico yang dikeringkan. Pemakaian cabe kering sudah begitu membudaya dan untuk mengolahnya dengan benar membutuhkan tehnik tersendiri. Banyak dari cabe kering ini terlihat hitam mengkerut. Sayang saya sama sekali tak tahu makanan Mexico kecuali Taco dan Burrito🙂

Mexican dried chilli