Citrus Gall Wasp

Benjolan dan lubang akibat Citrus Gall Wasp

Siang tadi saya sempatkan untuk mengurus pohon jeruk purut kami (Citrus histrix). Memang sudah lama ini sebenarnya perlu dipindahkan kedalam pot yang lebih besar. Ternyata banyak cabang-cabangnya yang membenjol karena didalamnya dijadikan sarang jenis tawon yang namanya ‘ citrus gall wasp’ (Bruchophagus fellis). Jenis tawon gall ini bertelur diatas ranting muda, setelah menetas, larva akan membuat lubang pada lapisan kulit dahan dan bersarang didalamnya. Setelah larva semakin membesar, bagian cabang itu akan kelihatan membengkak/membenjol.

‘Citrus Gall Wasp’ adalah jenis hama tawon pada tanaman jeruk-jerukan yang asli berasal dari Australia. Tadinya hanya terdapat di Queensland dan New South Wales utara, tapi sekitar tahun 1990-an mulai menyebar dari New South Wales ke daerah Melbourne di Victoria. Jenis tawon ini ukurannya kecil sekali kira-kira 3 mm, jadi jarang terlihat. Tahu-tahu dahan dan cabang pohon citrus terlihat membengkak. Tentu saja keberadaan sarang didalam dahan ini merugikan karena anakan tawon ini menyerap sari makanan dari getah dahan. Walau banyak pohon citrus yang tidak begitu terpengaruh dan tetap berproduksi dengan cukup baik, tapi pohon jadi tidak sedap dipandang mata. Kalau pohonnya masih kecil/muda dan terlalu banyak terkena hama ini, bisa menyebabkan daun kerdil, tidak bisa berbuah serta pertumbuhan terhambat.

Jadi saja sebanyak mungkin ranting yang ada benjolannya kami potong dan pada cabang utama, kami potong benjolannya sehingga sarang terbuka dan larva didalamnya akan mati. Sebaiknya ini dilakukan sebelum musim semi tiba, karena dimusim semi larva akan tumbuh dewasa dan meninggalkan sarang, bertelur dan siklus terulang kembali. Pemupukan lebih baik dilakukan diakhir musim gugur atau awal musim dingin untuk menghindari tumbuhan batang baru di musim semi yang akan menarik perhatian hama ini untuk bertelur.

Hama ini tidak bisa dibasmi 100% jadi penanggulangannya hanya dengan upaya minimalisasi saja. Sebetulnya kalau semua orang berusaha mengurangi serangan hama ini akan bisa lebih mudah pengendaliannya. Sayangnya banyak orang yang memiliki pohon lemon berpendapat gall wasp tidak merugikan, jadi membiarkannya.

Tanaman jeruk purut ini kami pindahkan kedalam pot yang lebih besar, setelah pembersihan hama, kami beri pupuk blood & bone dan kapur dolomite.

Catatan 8 Juni 2015: Rupanya air liur dari larva citrus gall wasp mempengaruhi keseimbangan hormon dari pohon yang ditumpanginya sehingga terbentuk benjolan/pembengkakan.

Bagian dalam benjolan batang.

Bagian dalam benjolan batang.

Pohon Jeruk Purut setelah dipindahkan kedalam pot yang lebih besar.

Pohon Jeruk Purut setelah dipindahkan kedalam pot yang lebih besar.

Citrus Gall Wasp