Tanaman Kencur Kaempferia galanga

Tanaman Kencur – Kaempferia galanga

Horeee…. pesanan tanaman kencur (Kaempferia galanga) dari Queensland sudah tiba pagi ini. Cepat juga, karena M (anakku) mengordernya hari Selasa yang lalu. Parcel tiba dalam bentuk kotak karton yang cukup besar untuk satu tanaman kecur. Eh…. ternyata diisi dengan kepingan stryrofoam untuk melindungi tanaman dalam perjalanan. Tanaman kencurnya masih banyak daunnya dan ditanam didalam seedling tub. Nanti  di musim dingin/winter tanaman akan dormant atau besar kemungkinan daunnya akan rontok,  tapi akan tumbuh kembali dimusim semi. Selama musim dingin lebih baik tidak banyak disiram. Saya baca dari info internet, katanya kencur siap dipanen jika daunnya sudah mengering ??

Di Melbourne sini, hanya bumbu kencur yang agak sulit didapatkan. Kalau jahe, lengkuas dan kunyit segar bisa dibeli. Tadinya ada toko bahan makanan Indonesia di Clayton tapi sekarang tokonya sudah tidak ada lagi. Biasanya saya beli kencur kering di toko itu. Kebetulan bumbu kencur didapur kami sudah tinggal sedikit dan juga sudah hampir expired, jadi saya cari di internet barangkali ada yang jual tanaman kencur di Australia, eh…. ternyata ada dari Queensland.

Harapan saya semoga tanaman kencur ini akan bisa tumbuh dengan baik dan nanti bisa untuk masak. Duh…. sedapnya bikin bumbu pecel dan urap dengan kencur segar. Waktu saya keluarkan dari pot dan menanamnya kembali di pot yang lebih besar daunnya sudah mengeluarkan aroma kencur yang segar🙂 Karena udara di Melbourne sini sudah mulai dingin jadi saya taroh tanaman kencurnya di bawah naungan beranda.

Oh ya, tanaman kencur berikut ongkos kemas dan pengiriman hampir $20.

Tanaman kencur dikemas rapi.

Tanaman kencur dikemas rapi.

Tanaman Kencur - Kaempferia galanga

Akar kencur yang besar dan panjang.

Akar kencur yang besar dan panjang.

Tanaman Kencur - tunas daun

Catatan: Kalau daun kencur dibasahi akan terlihat mengkilat, di foto sampai terlihat seperti diminyaki🙂