Xanthorrhoea Australis

Ingat waktu menyaksikan kejadian yang cukup langka dibulan October 2006, yaitu disaat tanaman Blackboy Grass Tree secara serentak berbunga di Brisbane Ranges National Park yang letaknya sekitar 80 km sebelah barat kota Melbourne. Sebetulnya tanaman  rumput Blackboy itu lambat sekali tumbuhnya dan jarang sekali terlihat berbunga, jadi kalau semuanya tiba-tiba dengan serentak berbunga, itu agak aneh juga.

Brisbane Ranges National Park itu didominasi oleh tanaman gum tree yaitu sejenis pohon eucalyptus yang besar-besar dan keberadaan rumput Blackboy itu tidak begitu kentara sebelumnya. Pada bulan Januari 2006 terjadi kebakaran hebat di taman nasional itu hingga semuanya terbakar. Yang tersisa dari pohon-pohon eucalyptus hanya kerangka batangnya yang  hangus seperti arang. Permukaan  tanahpun dilapisi abu yang terlihat memutih. Tiba-tiba sekitar 8 bulan kemudian tumbuhlah daun dan bunga yang menjulang tinggi dari batang rumput blackboy yang juga hangus  sebelumnya. Ribuan bunga yang bentuknya aneh itu menghiasi hutan dengan pemandangan yang lain dari pada yang lain. Ribuan biji-biji rumput blackboy yang lama terpendam ditanah juga mulai tumbuh diatas lapisan abu. Waktu baru tumbuh dari biji bentuknya seperti rumput dan bertahun-tahun kembudian baru akan mulai tumbuh batangnya. Rupanya panas api justru merangsang tumbuhnya tanaman aneh ini.

Disaat kami melihatnya dibulan Okober, semua permukaan tanah masih dilapisi abu dan tampak memutih. Pohon-pohon eucalyptus masih terlihat hitam dan gundul batang dan kerangka dahannya, walau daun juga mulai banyak yang tumbuh. Disela-sela kerangka dahan hangus itu, ribuan bunga rumput blackboy yang panjang-panjang lurus tampak menjulang tinggi mendominasi   pemandangan. Pohon-pohon dan tanaman lainnya masih belum menampakkan diri.

Tanaman jenis rumput yang memilik batang ini adalah tanaman asli Australia yang juga dikenal dengan nama Xanthorrhoea. Terdapat beberapa jenis namun jenis Xanthorrhoea australis adalah yang paling banyak tumbuh. Akan memerlukan waktu sekitar 200 tahun sebelum batang mencapai 1 meter tingginya. Bunganya yang tumbuh tegak berdiri bisa mencapai lebih dari 2 meter tingginya. Disebut blackboy karena batangnya yang tampak hangus kehitaman dengan daun yang tumbuh dipucuknya.

Sejak itu kami belum pernah kembali lagi ke Brisbane Ranges National Park, entah bagaimana pemandangannya sekarang. Yang pasti tanaman rumput blackboy itu tidak akan lagi mendominasi pemandangan karena terlindung oleh pohon-pohon eucalyptus yang besar rindang dan tidak berbunga semua.

Blackboy Grass Trees, Brisbane National Ranges Park

Blackboy Grass Flower

Blackboy Grass Flower 2