Bulan Desember tahun lalu, bersama suami, saya pergi ke Langwarrin (kira-kira 40 km dari rumah kami) untuk beli anggrek Sarcochilus. Kami lihat iklannya di Gumtree dan harganya juga tidak terlalu mahal. Sebelumnya saya tidak tahu seperti apa jenis anggrek ini, jadi penasaran juga untuk melihatnya. Ian yang kira-kira seumuran kami amat ramah dan rupanya dia memiliki ‘hobby farm’ tanaman anggrek dihalaman rumahnya. Dari pinggir jalan, rumah dan bangunan untuk menanam anggrek tidak kelihatan karena depannya lebat dengan pohon-pohon Eucalyptus yang tinggi.

Akhirnya kami beli dua jenis anggrek Sarcochilus yaitu S. fitzhart dan S. hartmanii. Keduanya berwarna putih tapi lain warna bibirnya. Walau bunga kecil ukurannya, tapi karena tumbuh menggerombol jadi kelihatan cantik juga dan semerbak mewangi. Ian yang murah hati malah memberikan bonus 2 pot Sarcochilus yang masih kecil, yang satu juga S. fitzhart dan satu lagi S. Bernice Klein ‘Pink Blush’ dan belum berbunga. Waktu saya tanya seperti apa bunganya, jawabannya adalah misteri jadi harus tunggu sampai berbunga. Moga-moga saja daun bunganya akan pink seperti namanya dan bukan putih lagi. Waktu saya mengagumi bunga anggrek Dendrobium nobile yang berbatang lunak, kami juga diberi anakannya yang masih kecil gratis.

Tentang anggrek Sarcochilus:

  • Asli Australia
  • Iklim sedang. Tumbuh dipegunungan yang teduh dan lembab, seringnya tumbuh dicelah-celah tebing berbatu (lithophytic) dibawah naungan pohon-pohon tinggi atau dicelah-celah dahan pohon (epiphytic). Sebagai tanaman hias perlu diletakkan ditempat ternaung bebas dari sinar matahari langsung.
  • Temperatur yang cocok adalah 8 s/d 28 derajat C. Dimusim panas kalau temperatur mulai panas cocok untuk diletakkan ditempat yang lebih gelap seperti misalnya dibawah meja. Potnya bisa diletakkan diatas piring atau baki yang diberi kerikil dan air untuk menaikkan kelembaban udara.
  • Media tanam berupa kepingan kayu atau kepingan sabut kelapa yang dicampur dengan sedikit kerikil.
  • Cocok untuk ditanam dipot yang agak rendah dan lebar.
  • Karena jenis anggrek ini tidak memiliki umbi (bulb) didasar tanaman, maka perlu lebih sering disiram terutama dimusim panas. Hindari menyiram daun dan bunga.
  • Pupuk cair komplit (misalnya Aquasol)  1/2 takaran seminggu sekali, atau pupuk khusus untuk anggrek.  Bisa diselingi dengan pupuk ganggang laut cair. Jangan diberi pupuk sama sekali dimusim dingin.
  • Setelah tanaman tumbuh banyak anakan, bisa dibelah/dipisahkan.
  • Berbunga dimusim panas.
  • Tanaman anggrek Sarcochilus akan banyak tumbuh akar gantung karena ditempat asalnya dipakai untuk melilitkan diri didahan atau dibebatuan.

Anggrek Sarcochilus saat baru dibeli:

 Sarcochilus 'fitzhart' Desember 2013

Sarcochilus fitzhart Desember 2013

Australian Native Sarcochilus Orchids December 2013

Australian Native Sarcochilus Orchids December 2013

Sekarang, sembilan bulan kemudian mulai tumbuh 2 kuncup bunga dan selama ini sudah dipindahkan kedalam satu pot yang cukup lebarnya. Harapannya supaya nanti tumbuh lebih banyak lagi kuncup bunganya🙂

Kuncup bunga anggrek Sarcochilus

Kuncup bunga anggrek Sarcochilus

Tanaman anggrek Sarcochilus - Oktober 2014

Tanaman anggrek Sarcochilus – Oktober 2014

Tulisan sebelumnya ttg anggrek ini:

https://kiyanti2008.wordpress.com/2013/12/08/sarcochilus-orchids/