My other Salt Pig

My other Salt Pig

Dulu waktu belum lama kami menikah, suami bilang saya harus punya salt pig. Hah, salt pig?? Saya kira daging babi yang diasin. Ha…. Besoknya suami saya pulang dengan membawa itu yang namanya salt pig. Dia bilang salt pig adalah untuk tempat garam.

Waktu melihat pertama kalinya, heran juga karena bentuknya yang aneh. Warnanya coklat tua dari keramik dan tak ada tutupnya. Lubangnya yang menganga besar terletak disisi wadah aneh tersebut.

Rupanya yang namanya salt pig itu dulu mula-mulanya dari Skotlandia, dan dizaman dulu bahasa dialek untuk wadah yang terbuat dari tanah adalah ‘pig’. Jadilah muncul nama salt pig. Tapi ada orang yang bilang karena wadah garam itu memiliki mulut lebar dan bulat yang mennyerupai monyong babi, jadi saja dinamakan salt pig. Entah mana yang benar?

Orang bilang salt pig ini dibentuk sedemikian rupa untuk menghindari garam menggumpal. Mulutnya yang lebar menganga tanpa tutup sengaja dibuat begitu supaya orang bisa dengan mudah mengambil sejumput garam waktu sedang masak tanpa repot-repot membuka tutup. Salt pig itu atasnya pasti tertutup layaknya tudung yang melindungi garam tercemar debu dan udara yang lembab yang bisa menyebabkan garam menggumpal. Benarkah garam tak akan menggumpal? Dari pengalaman sendiri, memang betul. Garam didalam salt pig itu tak pernah menggumpal, sedangkan yang dikemas didalam tempat plastic (shaker) dari toko malah kadang-kadang menggumpal garamnya.

Dizaman modern sekarang ini salt pig sudah agak langka dijual ditoko. Hanya toko yang khusus menjual alat-alat rumah tangga menyediakan salt pig. Kalau kepasar disini di Melbourne, mungkin bisa dijumpai orang menjual salt pig baik yang masih baru atau bekas.

Ingat dulu waktu saya masih kecil, mama menaroh garam dapur halus didalam guci tanah. Kalau sekarang anda membeli asinan sawi Cina (tongcai) yang seringnya dikemas didalam guci, kalau sudah kosong bisa dipakai untuk menyimpan garam. Orang bilang wadah dari tanah bagus untuk menyimpan garam karena bisa menyerap air jadi garamnya tetap kering. Untuk garam yang kasar, mama dulu menyimpannya didalam batok kelapa.

Guci bekas tempat Tongcai

Sampai sekarang saya mempunya lebih dari satu salt pig karena garam kan banyak macamnya, ada yang garam laut, garam ber-yodium, garam halus, garam kasar dsb. Salah satu wadah garam kami terbuat dari tempurung kelapa tapi bentuknya kera, bukan babi. Yang salt monkey ini sama saya tak pernah dipakai. Catatan: Sebetulnya yang dari tempurung berbentuk kera adalah asbak rokok, tapi cocok juga untuk tempat garam.

My first Salt Pig

My Favourite Salt Pig

My Favourite Salt Pig

Dari Batok Kelapa - Salt Monkey??

Dari tempurung kelapa – Salt Monkey??

My collection