Selain pohon jenis kapuk yang berduri batangnya, ada tanaman lain yang aneh dan menarik banyak perhatian di Collectors Corner, Keysborough. Bukan saja bentuk dan ukurannya yang besar, namanya juga aneh.

Kaktus Kursi Ibu Mertua:

Kursi Ibu Mertua

Kenapa ya sosok ibu mertua itu selalu dihubungkan dengan wanita nyinyir dan kejam terhadap anak menantu-nya, terutama menantu perempuan. Sampai-sampai dipakai namanya untuk menyebut nama tanaman. Misalnya lidah ibu mertua yang menggambarkan ibu mertua yang cerewet dan tajam lidahnya serta kursi ibu mertua berduri yang cocok untuk tempat duduk ibu mertua yang jahat. Jenis kaktus kursi ibu mertua ini bisa tumbuh besar, penuh duri dan bulat sempurna dengan bagian atas agak datar. Kasihan juga buat para ibu mertua yang baik hati, kan tidak semua ibu mertua itu suka ikut campur dan menjengkelkan…..

Kaktus kursi ibu mertua juga disebut dengan nama Golden Barrel, Golden Ball, Mother in law Cushion/Seat dan nama ilmiahnya adalah Echinocactus grusonii. Berasal dari daerah Mexico timur dan bisa tumbuh besar dengan bentuk bulat sempurna. Walau kaktus ini ditanam lebih untuk keindahan tanamannya, tapi bunganya yang kuning juga tampak cantik tumbuh memutar dibagian atas sehingga terlihat seperti mahkota. Kaktus ini bisa tumbuh besar sekali sekitar 1 x 1 meter tinggi dan diameternya. Bisa ditanam dari anakan atau dari biji.

Cacti Garden, Collectors Corner

Cacti Garden, Collectors Corner

Tanaman Kaki Gajah:

Tanam lain yang aneh dan bisa tumbuh cukup besar adalah tanaman Kaki Gajah atau juga disebut tanaman Buntut Kuda. Dalam bahasa Inggris disebut dengan Elephant foot atau Ponny Tail plant dan nama latin-nya adalah Beaucarnea recurvata atau Nolina recurvate. Tanaman yang juga berasal dari Mexico dan bagian Selatan Amerika Serikat ini tumbuh lambat dan batangnya bagian bawah kelihatan membengkak besar. Pohonnya sendiri bisa mencapai 9 meter tingginya sedangkan batang bawah yang membengkak bisa setinggi 1 meter. Setelah tanaman dewasa, bentuknya semakin aneh dan menarik perhatian bagi yang melihatnya. Daunnya yang panjang mirip daun palem memang terlihat seperti buntut kuda. Berbunga merunduk putih dan buah/bijinya berwarna merah jambu. Tanaman ini, seperti juga jenis kaktus cocok untuk ditanam didaerah yang agak kering dan berhawa panas.

Beaucarnea recurvata - ponytail/elephant foot plant

Beaucarnea recurvata – ponytail/elephant foot plant

Another Ponny Tail Plant