Disaat musim gugur tiba, buah Chestnut (Castanea sp.) yang berduri mulai merekah dan didalamnya bijinya yang berwarna coklat kemerahan merupakan buah musiman yang rasanya manis dan enak sekali. Biji chestnut ini tidak bisa dimakan mentah, jadi harus diolah dulu dengan cara dipanggang, sangrai atau merebus.

Buah Chestnut

Buah Chestnut

Buah chestnut ini mengingatkan telaga Sarangan dijaman dahulu waktu saya masih kecil ditahun 50 s/d 60-an. Dulu kalau pas musimnya, kalau pergi pesiar ke Sarangan yang terletak didaerah Magetan, Jawa Timur, biji sarangan banyak dijual disekitar telaga. Jadi memang biji sarangan ini dulu adalah ‘trade mark’-nya daerah Sarangan dan tidak dijumpai ditempat lain.   Yang saya ingat rasa biji sarangan ini manis mirip chestnut, walau bentuk buah sarangan  yang masih sedikit saya ingat (lupa-lupa ingat) agak lain, lebih kecil dan lebih bulat. Rupanya memang buah sarangan ini jenisnya sama dengan chestnut (Castanea). Nama lain dari biji sarangan ini adalah berangan. Anehnya dikemudian hari biji sarangan ini seakan-akan musnah, tak ada lagi yang menjualnya di Sarangan. Apakah pohonnya dihutan sudah musnah karena ditebang dan diambil kayunya yang bagus untuk furnitur?

Saat ini didaerah Melbourne sini sedang musim gugur, jadi musimnya buah chestnut. Kalau beli dipasar langsung dari petani-nya, harganya jauh lebih murah dan juga lebih segar. Buah chestnut yang masih segar adalah yang kulitnya berwarna coklat kemerahan dan mengkilat. Kalau terlalu lama disimpan kulitnya jadi lebih gelap warnanya dan kusam, dan didalamnya tidak lagi putih kekuningan dan manis, tapi jadi coklat kehitaman dan tidak enak lagi dimakan. Juga kalau sudah busuk, buah chestnut ini setelah dipanggang kulitnya tidak akan mudah dikupas ,

Biji chestnut ini paling enak dipanggang diatas bara api dengan menggunakan penggorengan yang dilubangi (banyak lubangnya), atau bisa juga disangrai (goreng tanpa minyak), dipanggang di grill atau oven. Bisa juga direbus, tapi saya kurang suka. Kalau sudah dipanggang, chestnut ini empuk dan rasanya manis dengan aroma yang khas. Sebelum dipanggang atau disangrai, harus diiris kulitnya dengan bentuk cross, karena kalau tidak diiris dulu kulitnya akan meletus waktu dipanggang dan daging bijinya akan buyar kemana-mana. Kalau kulit sudah mulai gosong kehitaman, tandanya chestnut nan manis ini sudah matang dan kulitnya akan mudah sekali dikupas. Kalau kulitnya masih sulit dikupas, berarti belum masak, jadi harus dipanggang/disangrai lebih lama lagi.

Harus diiris kulitnya supaya tidak meletus waktu dipanggang.

Harus diiris kulitnya supaya tidak meletus waktu dipanggang.

Siap untuk dipanggang...

Siap untuk dipanggang…

Buah Chestnut setelah dipanggang.

Buah Chestnut setelah dipanggang.

Kalau sudah matang, kulitnya akan mudah terlepas.

Kalau sudah matang, kulitnya akan mudah terlepas.

Manis dan Harum

Empuk, manis dan harum……