Selain anggrek Salib (Epidendrum ibagunense) yang sampai sekarang masih berbunga, satu jenis anggrek lain saat ini mulai berbunga yaitu anggrek Miltonia. Anggrek jenis ini juga merupakan jenis yang cukup  mudah ditanam.

White and Purple Miltonia sp.

Miltonia Orchid – White with Purple Spots (Noid)

Yang kami punya adalah yang dibeli di Garden World awal tahun 2012 yang lalu. Waktu itu jenis anggrek Miltonia ini dijual dalam keadaan ‘bare rooted” yang artinya adalah tidak ditanam. Waktu itu dijual 3 tanaman seharga Aud $15 , yang termasuk murah juga.

Akarnya yang telanjang terlihat lebih kecil dan halus dibandingkan dengan jenis anggrek lain. Sebetulnya waktu itu agak ragu juga untuk membelinya karena tidak ada namanya. Jadi saja saya pilih yang ada bunganya dan yang berlainan warnanya. Sekarang saya tak menyesal memiliki tanaman anggrek ini karena tidak rewel dan gampang berbunga dan berkembang biak. Saat ini hanya dua yang berbunga dan yang satunya belum berbunga.

Mauve Miltonia sp.

Mauve Miltonia, slightly spotted (Noid)

Catatan tentang Aggrek Miltonia:

  • Aslinya ada 2 kelompok besar  yaitu yang berasal dari Brazilia yang disebut dengan Miltonia (yang terbagi menjadi sekitar 10 spesies); sedang yang berasal dari Colombia bunganya lebih bulat dan lebih mirip bunga pansy disebut dengan nama Miltoniopsis. Sekarang banyak sekali jenis yang sudah disilangkan dengan berbagai jenis nama silangan.
  • Temperatur yang ideal adalah sekitar 10 derajat C s/d 25 derajat C.
  • Harus ditempatkan dibawah naungan (50 % – 80%), sinar matahari yang langsung akan membakar daun. Cocok ditaroh dibawah beranda atau dibawah naungan pohon.
  • Media tanam berupa kepingan kayu atau sabut kelapa yang bisa dicampur dengan sedikit sphagnum moss atau kompos.
  • Siram jika media tanam mulai mengering.
  • Pupuk cair NPK seimbang atau pupuk khusus untuk anggrek yang diselang seling dengan larutan cair ganggang laut (liquid seaweed).
  • Harus diganti pot sesudah 2 atau 3 tahun setelah tanaman memenuhi pot.
  • Cara mengembang biakkan dengan pembagian tanaman.

Dantara 10 jenis anggrek Miltonia dari Brazilia yang terkenal misalnya: Miltonia spectabilis, M. regnellii, M. clowesii, M. flavescens, M. candida.

Banyak orang yang lebih menyukai Miltoniopsis yang bentuknya lebih bulat dengan daun bunga lebih penuh yang mirip dengan bunga pansy dengan warna warni yang menyolok, tapi saya lebih suka yang jenis Miltonia. Musim panas awal tahun ini di Melbourne panas sekali dimana beberapa hari temperatur udara mencapai lebih dari 40 derajat C. Tanaman anggrek Miltonia ternyata cukup toleransi dan tidak mengalami stress. Juga dimusim winter di Melbourne sering dibawah 5 derajat C, tapi anggrek jenis ini cukup bias beradaptasi. Asalkan lokasi tanaman terlindung, Miltonia akan cukup ‘happy’ dan mudah berbunga dimusim semi atau musim gugur. Kalau tanaman anggrek lain seperti misalnya Cymbidium, Phalaenopsis, Cattleya dsb rentan terkena serangan jamur atau bercak hitam pada daun, jenis anggrek Miltonia yang kami punya tidak mengalami problem tsb.

Mauve Miltonia sp - slightly spotted

Miltonia sp - White and purple spots