Bunga Menur nan Wangi

Bunga Menur semerbak mewangi

Hari Jumat yang lalu saya beli tanaman bunga melati yang kelopak bunganya bertumpuk/dobel. Ingat dulu di daerah Solo, orang bilang kalau bunga melati kelopak bunganya tunggal namanya melati, tapi kalau kelopak bunganya bertumpuk atau dobel namanya menur.

Jasminum sambac - Melati/Menur

Jasminum sambac – Melati/Menur

Tanaman bunga menur yang saya beli masih kecil tapi sudah banyak juga kuncup bunganya. Semalam dua kuncup bunga mekar dan aromanya semerbak harum mewangi. Bunga melati selalu mengingatkan saya pada alm. papa yang dulu menanamnya diberanda samping rumah.    Tanaman melati yang papa tanam tumbuh subur sekali karena dirawat. Dikala musim kemarau, papa siram rumpun-rumpun melati itu dengan membiarkan air mengalir dari selang besar agak lama sampai tanah betul-betul basah dan terendam air. Juga pupuk kandang digunakan untuk menyuburkan. Hampir sepanjang tahun dengan setianya melati tanaman papa berbunga. Sayangnya setelah papa tiada lagi, sederetan tanaman melati disamping rumah itupun jadi merana tak ada yang merawat dan akhirnya mati.

Menanam bunga melati di Melbourne tidaklah semudah di Indonesia. Melati yang nama ilmiahnya Jasminum sambac (Inggris: Arabian Jasmine) adalah tanaman tropis. Kalau ditanam di Melbourne, si-ibu penjual bunga di Caribbean market yang kebetulan juga orang asal Indonesia mengatakan lebih baik ditanam didalam pot yang besar dan ditaroh di beranda yang terang. Dengan demikian tanaman tidak akan terlalu kedinginan selama musim dingin (bulan Juni s/d Agustus) dan rontok daunnya hanya minimal. Kalau ditanam dikebun terbuka, tanaman tropis ini dimusim dingin akan rontok daunnya dan batang-batangnya juga akan kering, namun dimusim semi tunas tanaman baru akan muncul dari akarnya. Dengan cara ini, kalau akar tidak begitu sehat, besar kemungkinan tanaman tidak akan pernah tumbuh lagi alias kaput.

Sekarang ini tanaman bunga melati/menur-nya masih ada dipot. Rencananya akan saya tanam ditanah yang terletak diberanda dibelakang rumah dimana atapnya terbuat dari plastic tembus cahaya (70%).  Saya harus memindahkan tanaman Gardenia (Kaca piring) yang berada dinaungan beranda tersebut untuk diganti dengan tanaman bunga menur. Gardenia lebih tahan udara dingin dimusim winter, jadi bisa ditanam diluar.

Karena baru pertama kalinya saya memiliki tanaman bunga melati, saya masih belum bisa membayangkan apa yang akan terjadi nanti dimusim dingin 3 bulan lagi. Moga-moga dengan letak tanaman yang ternaung dari udara luar, tanaman akan tetap bersifat ‘evergreen’ (tidak rontok daun dimusim dingin) dan tidak berubah menjadi ‘herbaceous perennial’, dimana daun dan batang mati selama musim dingin, tumbuh kebali dari akar dimusim semi).

Jasminum sambac - Bunga Melati

27/11/2014: Kesempatan untuk meng-update karena blog ini sedang ada di top post. Selama ini tanaman menur belum saya pindahkan dari potnya. Selama musim dingin bulan Juni s/d Agustus daun tidak mengalami kerontokan karena ditaroh diberanda yang ternaung. Sekarang sudah mulai tumbuh, dan sepertinya tanaman ini merambat karena tumbuhan barunya yang masih muda meninggi.Belum berbunga, harapannya nanti pertengahan musim panas sekitar Januari/Pebruari akan mulai berbunga seperti sebelumnya.

Pohon Melati Menur 27 Nopember 2014

Pohon Melati Menur 27 Nopember 2014

Blog terdahulu tentang bunga Melati:

https://kiyanti2008.wordpress.com/2008/09/01/jasmine-flower/