Menurut tradisi Chinese, untuk merayakan Tahun Baru Imlek sering kue-kue khusus dan manisan dihidangkan atau untuk hantaran buat saudara, teman, tetangga dsb. Selain kue keranjang, prosperity cake cukup populer, terutama untuk hantaran ke kuil-kuil Budha.

Pink Prosperity Cake

Prosperity cake atau bisa diterjemahkan ‘kue kesejahteraan’ adalah kue yang dicetak didalam mangkok dan dikukus. Atasnya mekar yang melambangkan kesejahteraan, kemakmuran dan juga kebahagiaan. Di Jawa kue ini dinamakan kue Moho. Mirip kue mangkok tepung beras.

Barusan saya membuat prosperity cake dengan memakai tiga macam tepung, yaitu tepung cake vanilla instan, tepung beras dan tepung ketan. Jadinya bagus merekah dan membuatnya mudah sekali. Rasanya gurih beraroma vanilla dan pandan, Teksturnya lembut namun tidak sepadat kue moho, juga lain dari kue mangkok. Dibawah ini resepnya. Oh ya, ada kepercayaan kalau membuat kue ini menjelang perayaan Sin Cia/Imlek, dan jika kuenya merekah berarti tahun baru nanti akan makmur dan sejahtera🙂

Prosperity Cake (Kue Kesejahteraan)

Bahan:

1 cup = 250 ml

  • 500 gram Tepung ‘Vanilla Cake’  (cake mix), bisa beli di Super Market.
  • 1 cup Tepung Beras
  • 1 cup Tepung Ketan

Campur ketiga macam tepung ini didalam wadah yang cukup besar.

  • 1  1/4 cup Santan sedang dan  l lembar pandan, rebus sampai mendidih dan dinginkan.
  • 1 cup Gula Pasir
  • 1/2 cup Minyak Sayur
  • 3 butir Telur ukuran besar (kurleb 70 gr)
  • 1/4 sendok teh garam

Didalam wadah lain aduk santan yang sudah direbus dengan daun pandan dan didinginkan dengan bahan-bahan lain. Kemudian tuang kedalam campuran ketiga tepung diatas. Aduk hingga tercampur rata. Bisa diberi warna sesuka hati. Mengaduknya bisa pakai klop atau pakai sendok besar. Tuang kedalam cetakan bolu kukus atau mangkok-mangkok kecil yang sudah dialasi dengan kertas kue. Mengisinya bagus hampir penuh. Kukus didalam kukusan yang airnya mendidih sampai merekah dan matang.

Untuk yang merayakannya:

Imlek

Pink and Green Prosperity Cakes

Prosperity Cakes