Tillandsia melanocrater 'Tricolour'

Tillandsia melanocrater ‘Tricolour’

Tanaman udara? Ya betul, bahasa Inggrisnya adalah ‘air plant’ dan nama ilmiahnya adalah Tillandsia. Dinamakan demikian karena tanaman ini tidak memerlukan tanah untuk hidup.       

Tillandsia Air Plants

Ditempat asalnya yaitu dihutan-hutan dan gurun di Amerika Selatan, Amerika Tengah dan bagian Selatan Amerika Serikat, tanaman ini hidup menempel dipepohonan tapi tahu diri karena sifatnya bukanlah parasit. Juga didaerah gurun, tanaman ini hidup menempel dibebatuan. Akarnya hanya digunakan untuk melilitkan diri didahan, supaya tidak diterbangkan angin. Untuk hidup, daun yang memiliki bulu-bulu halus (trichome) itu menyerap air dari udara dan juga menyerap air yang terkumpul didasar tanaman yang kaya dengan nutrisi karena tercampur dengan dedaunan dan serangga mati yang membusuk.

Tanaman Tilllandsia yang termasuk didalam keluarga besar Bromeliad ini, untuk mempercantik kebun dan dekor rumah membutuhkan cara tumbuh yang amat sederhana, karena tak perlu tanah sama sekali. Tanaman ini ditanam dengan menggunakan lem (lem silicon/yang tahan air) untuk menempelkan dan bisa ditempelkan dimana saja. Diatas bebatuan, karang, kayu, patung, dahan pohon dsb. Pangkal tanaman diolesi dengan sedikit lem dan ditempelkan. Ini bisa dilakukan oleh siapa saja tanpa harus kotor-kotor menggunakan tanah. Karena sifatnya yang tahan kering, tanaman ini tidak akan gampang mati, walau supaya subur bisa kadang-kadang disemprot dengan air dan diberi pupuk yang dicampur air. Menyemprotnya cukup dengan botol semprotan, jangan pakai selang air.

  • Tanaman udara ini cocok untuk suhu udara mulai dari 10 derajat s/d 32 derajat C.
  • Supaya bisa tumbuh dengan subur dan keluar anakannya, bisa sebulan sekali disemprot dengan air yang telah dicampur dengan ‘sedikit’ pupuk (pupuk soluble, separoh ukuran saja). Juga dimasa musim kering, tanaman bisa sering-sering disemprot dengan air supaya tidak kekeringan. Menyemprotnya lebih baik pakai botol semprotan. Kalau diletakkan diluar rumah, semasa musim hujan dimana udara basah, tanaman tak perlu disemprot air. Kebanyakan air bisa menyebabkan pembusukan.
  • Tempat yang cocok adalah tempat yang terkena sinar matahari tapi sedikit ternaung, mirip dengan tempat diantara dedahanan pohon.
  • Tillandsia memiliki sekitar 540 spesies dan banyak yang memiliki bunga warna warni, bentuk yang aneh dan warna daun yang indah. Cocok untuk memperindah dekor rumah misalnya diatas meja diberanda yang cukup terang. Didalam rumah didekat jendela atau tempat lain yang cukup terang. Bisa ditempelkan dikayu kering/apung, diatas patung, piring, mangkuk atau gelas terbalik dsb…. banyak sekali pilihan tergantung dari imaginasi anda.
  • Kalau ditempelkan ditempat simana air bisa menggenang (misalnya lekukan, dipiring dsb lebih baik dibuat lubang supaya air bisa mengalir keluar. Setelah ditempelkan tanaman ini bisa diletakkan diatas meja dsb atau digantung.
  • Tanaman dibiakkan dari offset/anakan yang dipisahkan dari induknya. Untuk ditempelkan, tanaman udara ini tidak harus punya akar.

Ketiga tanaman Tillandsia yang kami punya ditanam dengan ditempelkan diatas kayu kering yang bentuknya artistik. Selama tiga hari lebih dari 40 derajat Celsius di Melbourne saat ini, tanaman tersebut tetap tampak segar dan dua kali sehari disemprot air selama cuaca panas yang amat ekstrim. Juga selama udara teramat panas, tanaman diletakkan ditempat yang lebih terlindung dari sinar matahari. Ini membuktikan bahwa jenis tanaman ini lebih tahan hawa kering dan panas dibandingkan dengan hawa dingin dan terlalu basah.

Tillandsia diatas kayu kering

Tillandsia diatas kayu kering

Tillandsia brachycaulos

Tillandsia brachycaulos

Tillandsia stricta

Tillandsia stricta

Note September, 2014:

Tillandsia brachycaulos (front left) was nice and pink before but now it turns green ????

Tillandsia

November 23, 2014:

Tillandsia melanocrater ‘Tricolour’ is growing a pup. Beberapa hari yang lalu waktu memeriksa tanaman tillandsia, ada anakan tumbuh pada T. melanocrater ‘Tricolour’. Sedangkan yang abu-abu T. stricta memang sudah ada beberapa anakan. Yang satunya lagi T. brachycaulos’ masih belum tampak ada anakannya.

Tillandsia Melanocrater 'Tricolour' - Pup (anakan)

Tillandsia Melanocrater ‘Tricolour’ – Pup (anakan)