Pepohonan rindang dan burung-burung berdendang, alangkah nikmatnya untuk beristirahat dikebun semacam itu. Yang pasti untuk menarik perhatian burung supaya betah tinggal dikebun anda adalah adanya pepohonan rindang dan semak-semak hijau. Banyak pohon yang buahnya disukai burung misalnya pohon jambu, pohon talok/kersen, pohon tanjung, pohon sawo dsb. Selain buahnya, pohon-pohon juga menjadi tempat berlindung bagi burung dan membuat sarang. Burung juga membantu mengendalikan hama seperti misalnya ulat, semut dan serangga. Bunga-bunga yang cantik juga banyak yang disukai burung untuk menghisap madunya.

Banyak pemilik kebun memberikan makanan pada burung, walau harus hati-hati jangan terlalu banyak karena kalau tak habis malam harinya bisa mengundang tikus datang. Namun tahukah anda bahwa banyak jenis burung yang suka mandi? Disini di Australia banyak orang yang membeli ‘bird bath’ yaitu hiasan taman yang diisi air untuk minum dan mandi burung. Bentuknya macam-macam, ada yang kecil atau besar. Ada yang dibentuk sebagai patung-patung indah.

Untuk tempat mandi burung, air harus dangkal kira-kira 6 cm dan tidak lebih dari 10 cm dalamnya. Kalau burung mandi akan betul-betul ‘nyemplung’ keair sambil mengepak-ngepakkan sayap dan paruhnya sibuk membersihkan bulu. Jadi penting sekali supaya air tidak terlalu dalam. Juga kalau airnya mulai keruh harus diganti dengan yang bersih.

Disekitar rumah kami, burung tekukur, burung gereja dan ‘black bird’/Turdus merula suka minum dan mandi di ketiga ‘bird bath’ yang kami punya. Mau supaya burung banyak berkicau disekitar rumah anda? Selain menanam pepohonan, tempat mandi burung juga banyak bermanfaat dan sekaligus menjadi hiasan cantik dikebun anda.

Japanese Lady Bird Bath

Japanese Lady Bird Bath

Cherub Bird Bath

Cherub Bird Bath

Small Frogs Bird Bath

Small Frogs Bird Bath

Small Frogs Bird Bath underneath Gardenia Bush

Small Frogs Bird Bath underneath Gardenia Bush