Lemon Grass New Roots

Akar dan Tunas Baru pada Batang Serai

Serai atau sereh adalah salah satu bumbu mutlak untuk banyak resep makananan Indonesia. Paling bagus adalah menggunakan serai yang masih segar. Kalau kebetulan membeli serai segar dan masih tersisa, selain bisa disimpan lama di freezer, bisa juga ditanam walau tidak ada akarnya. Cara yang umum dilakukan adalah dengan langsung menanamnya ditanah. Namun karena tak berakar, sering kali batang serai itu tidak tumbuh, layu dan kering, apa lagi kalau tanah lupa tidak disiram.

Kalau batang serai mempunyai akar akan lebih mudah untuk menanamnya. Cara yang paling sederhana untuk menumbuhkan akar pada batang serai adalah dengan merendam bagian bawahnya didalam air. Bisa memakai gelas minum atau bekas botol selai. Batang serai harus cukup tua, dan bagian bawahnya yang keras masih utuh, Ganti airnya seminggu sekali dan taroh diberanda rumah atau didalam rumah dekat jendela yang terkena sinar matahari. Setelah beberapa minggu, akar akan mulai tumbuh, bahkan tunas baru juga bisa tumbuh. Saat inilah batang serai ini bisa ditanam ditanah atau didalam pot.

Supaya tumbuh lebat, tanaman serai menyukai tanah yang subur yang bisa menyerap air dengan baik dan harus ditanam ditempat terbuka yang cukup terkena sinar matahari. Pupuk kandang  bisa digunakah untuk menyuburkan. Kalau ditanam didalam pot harus dijaga supaya tanah tidak kekeringan. Kalau ditanah, tanaman serai harus cukup mendapatkan air selama musim kemarau. Oh ya, tanaman serai kami sering diberi minum pupuk ganggang laut (seaweed extract) untuk menguatkan akar dan memperbanyak tunas baru.

Rooting Lemon Grass Plants