Barusan saya melihat di Youtube, pak Joko Widodo di-interview dalam bahasa Inggris. Heran koq banyak orang yang memberi kritik negatif karena aksen pak Jokowi adalah Jawa. Menurut pengamatan saya bahasa Inggris beliau cukup lancar, jelas dan mudah dimengerti. Tidak apa-apa kalau ada sedikit kesalahan grammar, pokoknya lancar dan mudah dimengerti.

Saya saja yang sudah lebih dari 25 tahun hidup di Australia, bahasa Inggris saya tidak seperti orang Aussie asli. Logat Indonesia khusus-nya logat Jawa saya masih medok juga. Grammar-nya? Bukan saja ngomong Inggris, nulis pakai bahasa Inggris saja masih selalu ada kesalahan grammar dan ejaan….. harus di-edit beberapa kali.

Jadi kesimpulan saya? Cara berbicaranya pak Jokowi dengan berbahasa Inggris cukup bagus. Good on you Mr. Jokowi, we are very proud of you!