Mesin pemotong rumput

Mesin Pemotong Rumput memakai Bensin

Memotong rumput adalah salah satu kerjaan rutin bagi pemilik rumah/penduduk di Australia sini. Banyak orang yang tidak suka bersusah payah, maka halaman di beton semua… namun tetap saja yang namanya nature strip yang ditumbuhi rumput harus tetap dipotong. Nature strip adalah bagian tanah diantara jalanan dan trotoir. Jalur tanah ini sebetulnya milik kota praja, tapi tugas pemilik/penghuni rumah untuk memotong rumputnya. Pemilik rumah tidak diperbolehkan membeton bagian tanah ini.

Memang lebih banyak dukanya dibandingkan dengan sukanya dalam hal memotong rumput. Ada tiga macam alat pemotong rumput (lawn mower) yang digunakan untuk halaman rumah. Yang sekarang jarang digunakan adalah pemotong rumput tanpa mesin yang berupa alat pemotong beroda yang kalau didorong pisau pemotongnya berputar memotong rumput. Alat ini seringnya tidak bisa memotong rumput dengan rapi, apa lagi kalau pisaunya dibiarkan kotor dan tumpul. Kalau rumput dihalaman hanya kecil sekali luasnya, mungkin alat ini masih banyak membantu, tapi kalau halaman berumput cukup luas, lebih baik memilih pemotong rumput yang memakai mesin.

Alat Pemotong Rumput Dorong tanpa Mesin

Alat Pemotong Rumput Dorong tanpa Mesin

Mesin pemotong ada dua macam yaitu dengan memakai listrik atau dengan memakai bensin. Yang pakai listrik cocok untuk halaman yang tak begitu luas. Model yang baru tidak memakai kabel panjang, tapi memakai baterai yang bisa di-charge. Enaknya yang model ini gampang menghidupkan mesinnya.

Mesin Pemotong Rumput Listrik

Mesin Pemotong Rumput Listrik

Mesin pemotong rumput yang kami punya adalah model yang memakai bahan bakar bensin, mesin 4 tak/stroke dan memakai oli ditempat terpisah. Yang model ini memang terkenal susah untuk menghidupkan mesinnya apalagi selama musim dingin. Cara starter-nya menghidupkan mesinnya adalah dengan cara ditarik. Namun yang kami punya pakai tombol choke yang harus ditekan tiga kali sebelum menarik tali starter-nya. Model dengan tombol choke ini lebih mudah untuk menghidupkan mesinnya. Tombol ini letaknya berdekatan dan busi.  Kalau udara tidak dingin sekali, 99% mesin akan tokcer start-nya alias satu kali tarik mesin berjalan. Ada model baru yang memakai alat starter seperti mobil tapi harganya jauh lebih mahal.

Mesin akan menjalankan pisau pemotong yang letaknya dibawah. Kalau mesin jalan, pisau akan berputar jadi kita tinggal mendorong alat pemotong rumput yang beroda empat ini. Rumput yang terpotong akan masuk kekotak penadah dibagian belakang mesin. Setelah penuh, kotak penadah potongan rumput ini bisa dilepaskan dan dikosongkan sebelum dipasang lagi.

Mesin Pemotong Rumput yang memakai Bensin

Mesin Pemotong Rumput yang memakai Bensin

Button to press before starting the motor

Kotak Penadah Potongan Rumput

Kotak Penadah Potongan Rumput

Seperti mobil atau sepeda motor, mesin pemotong rumput juga harus sering dibersihkan dan di-service. Pisau pemotongnya juga harus diperiksa apakah bersih dan masih tajam. Untuk lapangan rumput yang luas sekali, ride-on mower dipakai. Ride-on mower ini ditunggangi, memiliki stir dan bisa berjalan sendiri (tanpa didorong).

Beberapa hal harus diperhatikan. Rumput sebaiknya jangan dibiarkan tumbuh terlalu tinggi sebelum dipotong, karena akan berat mendorong mesin pemotongnya. Juga kalau tempat penadah potongan rumput sudah penuh harus segera dikosongkan, kalau tidak potongan akan berceceran dan bisa menyumbat pisau pemotong yang menyebabkan mesin macet. Juga tinggi dan rendahnya pisau pemotong harus disesuaikan dengan permukaan tanah, kalau setelan pisaunya terlalu rendah, bisa juga menyebabkan mesin macet. Kalau dirumput ada batu, potongan kayu atau benda keras lainnya, sebaiknya dibersihkan dulu. Kalau tidak bisa menumpulkan/mematahkan pisau pemotong dan benda keras tersebut juga bisa mental dan menciderai yang sedang memotong rumput.

Karena banyak orang yang tidak sempat atau tidak suka memotong rumput, maka banyak juga orang yang kerjanya khusus menjual jasa memotong rumput. Buat mereka yang tak sempat, tidak suka dan tidak punya uang untuk memotong rumput…..idea dibawah ini mungkin akan cocok sekali:)

Living Lawn Mower

Gambar diambil dari: http://www.jokeroo.com