Our Garden 2012

Hobby untuk cari duit? Berarti bukan hobby lagi karena hobby itu sudah berubah fungsi, sudah menjadi bisnis. Apakah artinya kata hobby itu? Didalam kamus artinya adalah: “Kegiatan rutin yang dilakukan diwaktu senggang untuk kesenangan”. Banyak dari saudara saya di Indonesia itu jalan pikirannya selalu berorientasi pada ‘cari uang’. Kalau apa-apa tidak menghasilkan duit, jalan pikiran mereka adalah tak ada gunanya karena menghamburkan uang dan tenaga. Kalau saya ke Indonesia dan ngobrol tentang hobby berkebun: menanam anggrek, bonsai dsb…… komentar yang selalu saya dapat adalah: “Apa tidak bisa tanaman itu dijual supaya menghasilkan uang?” Setelah saya mendengar komentar ini yang kemudian ditambahkan dengan wejangan dan ide-ide untuk mengubah hobby saya menjadi alat penghasil uang, saya lebih memilih untuk membelokkan pokok pembicaraan. Dengan mereka saya tak bisa menang berdebat. Ha….

Didunia Barat, banyak orang-orang  melakukan hobby yang beraneka ragam. Salah satu yang cukup populer adalah berkebun. Ternyata sekarang sudah dibuktikan bahwa berkebun itu memberikan dampak positif untuk kesehatan jasmani dan rohani. Juga jelas sekali berkebun membuat tempat tinggal kita lebih indah karena tetumbuhan yang hijau dengan bunga-bunga yang indah. Kalau semua orang kebunnya hijau, rapi dan bersih, betapa indahnya lingkungan hidup ini.

Berkebun Untuk Kesehatan:

Berkebun untuk kesehatan adalah berkebun beneran. Jadi bukan berkebun dengan cara memanggil tukang kebun untuk menanam dan merawat tanaman dan kita hanya tinggal mengagumi dan menikmatinya.

Berkebun melibatkan kerja badan, karena kadang-kadang harus menggali, memacul, mencabut rumput dan tanaman liar yang tumbuh, memangkas tanaman supaya kelihatan rapi serta menyapu kotoran, memberi pupuk, menyiram dsb. Ini semua harus rutin dilakukan dan semua aktivitas yang mengeluarkan tenaga penting sekali untuk menambah fitalitas tubuh kita.

Apa saja manfaat berkebun untuk kesehatan?

  • Membantu menghilangkan tekanan mental/stress. Sebuah penelitian di Nederland membuktikan bahwa aktivitas berkebun bisa mengurangi kadar hormone ‘cortisol’ yang menyebabkan stress. Satu kelompok orang setelah kerja rutin yang melelahkan disuruh membaca didalam ruangan dan satu kelompok lain disuruh bekerja dikebun. Ternyata mereka yang melakukan aktivitas dikebun menjadi lebih gembira dan berkurang rasa lelah dan jenuhnya.
  • Membantu kesehatan jiwa. Percobaan dilakukan terhadap sejumlah pasien yang mengalami depresi/gangguan bipolar. Setelah tiga bulan mereka disuruh menanam bunga-bunga dan sayuran, ternyata untuk separoh dari jumlah pasien itu gangguan depresi yang mereka alami sebelumnya jadi berkurang. Mereka tampak lebih gembira dan bersemangat.
  • Berkebun adalah berolah raga. Kebiasaan beraktivitas dikebun menggunakan tenaga. Kalau badan digerakkan, aliran darah jadi lebih lancar. Sendi-sendi jadi tidak kaku lagi.
  • Menjaga mereka yang sudah lansia supaya tidak cepat pikun. Semua aktivitas dikebun, hawa segar dan sinar matahari diluar rumah, indahnya hijau dedaunan dan harumnya bunga-bunga yang bermacam warna, kicauan burung, kupu=kupu dan kumbang yang berterbangan bisa mempengaruhi perasaan dan merangsang fungsi otak.
  • Kegiatan hobby yang memberikan kesenangan dan kepuasan jelas akan membuat anda lebih sehat dan bahagia.

Berkebun untuk Keindahan?

Yang ini jelas lebih terlihat secara nyata. Saya sendiri selalu berpedoman: ‘Rumah tidak usah mewah seperti gedong maglong-maglong untuk bisa terlihat indah.’ Bayangkan saja rumah bertingkat yang mewah dan dindingnya terbuat dari batu pualam, namun dihalaman rumah itu tidak ada kebun yang indah. Yang ada hanya tanaman liar yang tumbuh dimana-mana. Akan terlihat indahkah rumah itu? Keindahan rumah itu jauh akan berkurang.

Sebaliknya, bayangkan sebuah rumah papan yang sederhana. Namun halamannya rapi bersih dan penuh tanaman yang ‘ijo royo royo’, bunga-bunganya harum dan warna warni. Secara keseluruhan rumah itu akan tampak manis dan indah dipandang.

Contoh Rumah Sederhana dengan Kebun Cantik

Contoh Rumah Sederhana dengan Kebun Cantik (Sumber: Koran Jakarta)

Ingin berkebun? Mulai dari mana?

  • Karena berkebun itu membutuhkan tenaga, bagi mereka yang tidak biasa harus dilakukan sedikit demi sedikit. Misalnya dengan mencoba menanam untuk keperluan dapur seperti serai, jahe, kunyit, cabe, tomat dsb. Kalau beli serai, jahe kunyit, laos dsb dan ada sisanya sebelum kering bisa dengan mudah ditanam. Cabe dan tomat bisa ditanam dengan menyebar bijinya. Ini semua bisa didapat dari dapur dan tak perlu beli benih khusus. Juga tanaman ini bisa tumbuh didalam pot atau ditanah.
  • Untuk design taman, anda bisa merancangnya sendiri menurut selera. Tidak harus semuanya dikerjakan sekali gus dan lahan bisa disiapkan dan ditanami sedikit demi sedikit kalau anda tak biasa kerja dengan menggunakan tenaga. Ingat kerja dikebun secara berlebihan bagi yang tidak terbiasa, bisa menyebabkan pegal linu dimalam harinya.
  • Menanam apa saja? Kalau ingin mulai menanam tanaman hias, anda bisa berjalan-jalan didaerah dimana anda tinggal dan melihat tanaman apa saja yang tumbuh subur dan anda sukai yang kemudian anda juga bisa menanamnya sendiri. Kalau menanam pohon harus ingat akan berapa besar pohon itu bisa tumbuh, apakah akarnya bisa merusak saluran air atau fondasi rumah???
  • Tanaman tak usah yang mahal-mahal kalau anda tak mampu membelinya. Banyak tanaman lokal yang murah harganya dan tak kalah indahnya.
  • Banyak orang yang mengeluh karena apa saja yang mereka tanam akhirnya mati. Untuk berhasil bercocok tanam bukan karena bakat tertentu, tapi karena mempelajari tanaman tersebut. Dijaman modern seperti sekarang ini tak ada alasan untuk bilang belajarnya dari mana? Di-internet bisa ditemukan hampir semua informasi tentang tanaman. Tanah apa yang cocok, iklimnya, letaknya, pupuknya, kebutuhan air, sinar matahari dsb. Tanpa mengetahui kebutuhan masing-masing tanaman akan sulit untuk bisa berhasil menanamnya dengan subur.

Ini sedikit ringkasan tentang manfaat berkebun, semoga berguna.

Catatan: Oh ya hampir saya lupa! Buat saya pribadi, melihat pohon pohon yang megah, berbagai ragam tanaman dan bunga-bunga yang indah selalu mengingatkan saya pada Penciptanya. Terus saja saya akan mengucapkan rasa terima kasih, puji syukur dan kekaguman  pada Tuhan yang sudah menciptakan semuanya itu untuk kita nikmati. Bagi saya berkebun juga mendekatkan diri kepada Tuhan dan alam.

Tanaman Serai

Tanaman Serai

Tanaman Jeruk Purut

Tanaman Jeruk Purut