Long Grain and Medium Sun Rice

Australian Sun Rice – Long and Medium Grains

Dulu almarhum orang tua mempunyai toko hasil bumi didaerah Solo dan salah satu dagangan adalah macam-macam beras. Juga dulu orang tua pernah menjalankan usaha penggilingan beras. Jenis-jenis beras dijaman dahulu di daerah Solo dan sekitarnya,  bermacam-macam seperti misalnya: cempo/cempa, gogo/gaga, menthik, nandi, dan rojolele/rajalele dsb. Baru kemudian ditahun tujuh puluhan mulai ada macam macam beras jenis IR dan PB. Saya sudah tidak ingat lagi perbedaan kwalitas beras-beras tersebut, mana yang lebih mahal dan mana yang lebih murah, mana yang pulen dan mana yang pera.

Beras yang dijual disini didaerah Melbourne juga macam-macam. Yang diproduksi di Australia dimonopoli oleh ‘SunRice’ dan menurut Ricegrowers Association of Australia, hasil beras yang ditanam di Australia bisa cukup untuk memberi makan lebih dari 20 juta orang. Memang beras bukan makanan pokok orang Australia (kulit putih) karena mereka lebih banyak mengkonsumsi terigu dan kentang, jadi banyak juga beras produksi SunRice diekspor keluar negri.

Australian Sun Rice

Memilih jenis beras yang ada di Australia sini lebih cenderung pada jenis makanannya /resep yang digunakan. Seperti misalnya kalau ingin memasak Risotto yang asalnya dari Italia, lebih baik menggunakan beras jenis ‘arborio’. Beras arborio bentuknya bulat dan warnanya putih agak buthek. Kalau dimasak lunak bagian luarnya dan dalamnya masih agak keras, karena risotto memang agak lembek olahannya. Kalau ingin membuat sushi, lebih baik digunkan ‘sushi rice’. Jenis beras khusus untuk sushi ini bentuknya bundar dan kalau dimasak bening warnanya.

Sedangkan untuk nasi putih biasa, bisa memilih yang jenis ‘long grain’ yaitu jenis beras butir panjang. Jenis long grain ini cukup empuk tapi butirannya tidak begitu lengket, jadi cocok untuk nasi goreng. Kalau nasinya ingin pulen sekali atau kalau ingin membuat bubur ayam, lebih baik memakai jenis ‘medium grain’ yaitu yang bentuk butirnya agak bulat dan pendek. Untuk nasi putih, saya sering mencampur beras long grain dan medium grain.

Kalau ingin nasi harum mewangi, ‘jasmine rice’ yang paling cocok. Jenis jasmine rice ini juga ditanam di Australia (SunRice Jasmine), tapi dipasaran lebih banyak yang didatangkan dari China, Vietnam atau Thailand. Nasi dari beras jasmine ini wangi dan pulen sekali dan banyak digemari oleh orang dari China, Vietnam, Kamboja dan sekitarnya.

Mereka yang asalnya dari India, Sri Lanka, Pakistan dan Afganistan akan memilih menggunakan ‘basmati rice’. Nasi basmati untuk ukuran saya terlalu keras dan pera (bahasa Jawanya ‘kemruthuk’). Karena sifat nasi basmati yang kurang pulen, sebelum dimasak seringnya beras ini direndam air dulu.

Ada jenis beras dari padi liar (wild rice) dan brown rice (beras yang tidak disosoh/tidak digiling putih) yang disukai oleh orang Aussie, terutama oleh orang bule. Saya sendiri tidak begitu menyukainya karena teksturnya kasap sekali. Oh ya, kalau ingin memasak lemper ayam kualitas ketan putih yang ada dipasaran di Melbourne sini bagus sekali. Ketan yang kualitasnya top ini kebanyakannya didatangkan dari Thailand. Beras merah dan ketan hitam impor juga dijual di toko-toko Asia.

Dengan semakin banyaknya penduduk asal Asia yang makanan pokoknya adalah beras/nasi, pasaran beras di Australia sini semakin melimpah. Terutama di toko-toko Asia.

Italian Arborio Rice

Italian Arborio Rice

Aromatic Jasmine

Aromatic Jasmine

Indian Basmati Rice

Indian Basmati Rice