Salah satu spesies dari tanaman Kaktus Hutan adalah jenis Epiphyllum, yang juga disebut dengan Epi Cactus atau dalam bahasa Indonesia saya rasa bisa disebut dengan Kaktus Epi. Kebanyakan tanaman kaktus hutan ini berasal dari Amerika Tengah dan Selatan dimana tanaman ini hidup menumpang diatas pepohonan dihutan (Epiphytic), jadi bukan jenis parasit.

Jenis Epiphyllum yang asli bunganya berwarna putih atau krem dan bunganya terbuka dimalam hari. Banyak dari jenis ini bunganya hanya mekar beberapa jam saja dan saat surya merekah sudah akan mulai layu. Sayang sekali memang, karena jenis bunga ini seringnya beraroma sangat harum. Salah satu spesies dari jenis kaktus Epi ini sangat terkenal di Indonesia dengan nama bunga Wijaya Kusuma. Bunga Wijaya Kusuma nama Latinnya adalah Epiphyllym oxypetalum yaitu yang daunnya berombak kedua sisinya. Satu jenis lagi adalah Epiphyllum anguliger, dimana bentuk daun berlekuk dalam seperti duri ikan. Kedua jenis ini bunganya berwarna putih, harum dan hanya mekar dimalam hari.

Jenis kaktus Epi koleksi kami adalah jenis hibrida yang seringnya tanaman aslinya sebetulnya bukan jenis epiphyllum sama sekali. Namun demikian jenis hibrida ini juga dinamakan Epiphyllum, walau sebagian penggemar tanaman aslinya protes atas simpang siurnya nama. Banyak jenis kaktus Epi silangan ini adalah jenis Disocactus, Psudorhipsalis,  Nopalxochia, dsb.

Yang saya lebih sukai dengan Epiphyllum hibrida ini adalah warnanya yang amat cantik berwarna warni, mulai dari merah, pink, kuning, oranye dsb. Selain itu, jenis hibrida ini kebanyakannya bunganya tidak selalu terbuka dimalam hari dan bisa tahan kira kira tiga hari lamanya sebelum layu bahkan ada juga yang bunganya bisa tahan lebih lama lagi seperti misalnya Epiphyllum ‘Deutche Kaiserin’ (Nopalxochia phylanthoides). Jadi kecantikan rupa bunganya bisa dinikmati lebih lama siang dan malam, namun sayangnya kebanyakan jenis ini tidak berbau harum sama sekali.

Jenis kaktus Epi hibrida sangat mudah ditanam disini didaerah Melbourne. Ditanam didalam pot dengan media tanam yang berupa campuran potting mix, orchid mix dan kompos. Karena media tanam yang ringan, air akan mudah mengalir keluar dari pot. Kalau terlalu banyak mengandung air, akan menyebabkan pembusukan. Tanaman ini paling cocok diletakkan ditempat yang terlindung seperti dibawah pepohonan atau diberanda rumah. Temperatur yang paling bagus iklim sedang atau sekitar 25 derajat Celcius. Seperti layaknya tanaman jenis kaktus, kaktus Epi tidak perlu terlalu banyak makan pupuk, cukup dengan complete liquid fertilizer sebulan sekali setelah selesai berbunga. Tanaman hanya disiram kalau media tanam sudah mulai kering.