Dulu pernah ada kenalan yang juga dari daerah Jawa, melihat-lihat kebun kami. Dia paling suka dengan tanaman yang waktu itu penuh dengan bunga diakhir musim semi. Dia tanya apa namanya tanaman ini dan aku jawab namanya adalah ‘Pigface’ atau juga disebut dengan “Mesembryanthemum’. Teman itu tertawa, aneh betul namanya…. Koq bisa dinamakan muka babi kan engga kelihatan seperti babi sama sekali. Ya aku sendiri juga heran, mungkin banyak orang yang imajinasi-nya terlalu kuat sekali, ha….

Kemarin ini si-kenalan tilpon dan dia tanya apa aku masih ada tanaman “Babi Mesem’nya. Aku tak bisa menahan tawa dan tanya koq bisa jadi ‘Babi Mesem’. Rupanya diambil dari nama Pigface dan Mesembryanthemum…. untuk mudah mengingat dalam bahasa Jawa dia sebut Babi Mesem. Oh ya, mesem itu bahasa jawa yang artinya tersenyum. Ha….. aku masih bisa tersenyum sendiri.

Biacara tentang tanaman Pigface yang suka mesem ini memang membingungkan. Namanya macam-macam karena ada banyak jenisnya. Dalam nama sehari-hari pigface juga sering disebut dengan nama Iceplant. Sedang nama ilmiahnya ada sebutan Mesembryanthemum, Lampranthus, Carpobrotus, Dorothenanthus dsb. Aku sendiri tak bisa menjelaskan apa bedanya dan apa samanya karena aku bukan ahli botani. Yang aku tahu semua memiliki daun succulent dan bunga yang warna warni, ada yang merah, pink, oranye, putih, ungu dsb. Banyak dari tanaman ini kalau sedang berbunga bisa menutupi seluruh tanaman hingga tak kelihatan daun dan tangkainya. Banyak juga dari tanaman ini yang bunganya hanya terbuka kalau matahari bersinar, jadi kalau hari mendung/hujan atau dimalam hari, bunga tertutup.

Selain bisa ditanam di pot, babi mesem ini paling cocok ditanam ditanah yang mengandung pasir dan dengan kondisi yang agak kering dan gersang. Bisa dikembang biakkan hanya dengan mematahkan tangkai dan langsung di tusukkan ketanah dan jangan lupa memilih tempat yang banyak terkena sinar matahari.

Sebagian besar tanaman ‘babi mesem’ ini berasal dari Afrika Selatan dan yang aku tahu ada jenis yang tumbuh ditepian pantai didaerah Australia Selatan yang disebut dengan nama ‘Coastal Pigface’ dan termasuk dalam jenis Carpobrotus virescens, C. rossii dsb.

Oh ya, sepintas tanaman ini memang mengingatkan kita pada tanaman jenis krokot berbunga warna warni “Cantik Manis’ yang banyak ditanam di Indonesia yang nama ilmiahnya adalah Portulaca. Jangan keliru saja karena yang ini adalah jenis tanaman lain., walau banyak yang salah kaprah dengan menyebutnya pigface juga. Portulaca berasal dari Amerika Selatan dan bentuk bunganya lebih mirip bunga mawar yang lain sekali dengan bunga si ‘babi mesem’.