This Image is from: http://www.kernelpoweruk.com/

Gara gara kemarin nonton progam di TV tentang jamur ‘Cordyceps sinensis’, jadi saja malamnya aku mimpi tubuhku berubah menjadi jamur. Hi, hi, hi….. Dalam mimpiku, jamur parasit itu bermutasi dan kalau manusia menghirup sporanya akan ditumbuhi jamur didalam tubuhnya dan perlahan lahan tubuh dipenuhi oleh akar akar jamur dan tubuhku jadi kaku dan mengeras. Yang menyeramkan adalah disaat aku lihat jamur mulai tumbuh diatas dahi, lengan dan anggota tubuh lainnya. Aku menjerit ngeri kesakitan dan untungnya cepat terbangun dan sadar itu hanya mimpi buruk. Ha, ha….. 

 

Konon disuatu daerah tertentu di Tibet terdapat jamur parasit yang tumbuh dari dalam tubuh ulat. Setelah sejenis ulat  yang hidup dibawah tanah, tanpa sengaja memakan jamur Cordyceps sinensis atau menghirup spora dari jamur tersebut, tumbuhlah jamur itu ditubuhnya dan jamur itu memakan ulat itu dari dalam. Rongga tubuh ulat itu kemudian dipenuhi oleh akar akar jamur. Racun jamur ini rupanya mempengaruhi tingkah laku ulat ini sehingga binatang malang ini bergerak dekat kepermukaan tanah. Setelah ulat dekat dengan permukaan tanah, kemudian tumbuhlah jamur itu dari atas dahi ulat tersebut. Tubuh ulat yang sudah dipenuhi jamur itu masih berbentuk seperti ulat tapi kulitnya mengeras dan tetap berada dibawah permukaan tanah. Sedang jamur nya kemudian tumbuh diatas tanah diakhir musim dingin.

Disaat musim dingin berakhir, banyak orang orang Tibet mencari jamur Cordyceps sinensis ini. Kadang kala seluruh keluarga pergi kedataran tinggi yang terpencil itu dan untuk beberapa hari mereka berkemah. Dibawah perdu tanaman rhododendron, jamur jamur ini mulai tumbuh dan harus digali secepatnya sebelum sporanya lepas. Dengan mata yang harus awas dan jeli mereka mencari dengan cermatnya dan setelah ketemu, digali dengan hati hati sekali supaya bagian jamur yang dibawah tanah yang tadinya ulat itu tak patah. 

 Menurut uraian di Wikipedia, Cordyceps adalah sejenis fungi atau jamur ascomycete yang seluruhnya terdapat sekitar 400 species. Semua jamur Cordyceps ini adalah bersifat parasite (endoparasitoids), yang tumbuh dari dalam tubuh serangga dan jenis artrophod lainnya. Dari semua jenis Cordyceps ini yang  dicari untuk obat adalah jenis Cordyceps sinensis, yaitu yang tumbuh dari dalam tubuh sejenis ulat yang hanya ditemukan di Tibet.

 

 

Mengapa orang orang Tibet mengumpulkan jenis jamur ini? Rupanya sudah berabad abad lamanya dipakai untuk obat tradisional di Tibet dan China. Karena banyak dicari orang, harganya juga mahal sekali, lebih mahal dari harga emas. Rupanya dipercayai, Cordyceps sinensis ini bisa menjadi tonik dan obat yang bersifat anti kanker, anti infeksi, anti bakteri, anti oxidant. Bisa menyembuhkan gangguan jantung, ginjal dan juga mencairkan darah serta menumbuhkan sel sel darah merah.

Karena permintaan semakin tinggi dan Cordycepts sinensis ini hanya tumbuh didaerah tertentu di Tibet, maka akhir akhir ini banyak yang palsu yang ditanam dilaboratorium. Seringnya yang tumbuh dilaboratorium ini bukan jenis C. sinensis dan ulatnya juga bukan ulat yang sama. Dengan demikian khasiatnya menjadi tanda tanya. Karena bentuknya dimata awam sama, jadi sulit untuk membeli yang asli.

Memang sebelum tidur aku memikirkan jamur jamur cordyceps yang tumbuh dilaboratorium itu. Mungkin saja disuatu waktu, jamur itu akan bermutasi dan mulai menyerang binatang lainnya dan juga termasuk manusia. Tak kebayang tubuh tubuh manusia  yang tak berdaya itu… menjadi  kaku keras dan ditumbuhi oleh jamur jamur panjang berwarna jingga. Idiihhhh…. Ngeri deh, bisa dijadikan film horror nih!!!

 Moga moga malam ini mimpi burukku tak akan kembali lagi!!!!!!!!!

 Untuk melihat tumbuhnya jamur Cordyceps, inilah link dari YouTube: