Percayakah anda kalau Cliff Richard itu dulu adalah penyanyi pujaanku? Penyanyi Inggris ini adalah idola masa kecilku. Waktu itu aku mendengarkan semua lagu lagunya, membaca gossip tentang dirinya, mengumpulkan gambar-gambarnya dan melamunkan dirinya.

Waktu itu diawal tahun 60-an, kami tidaklah seuntung anak anak sekarang. Waktu itu tak ada TV dan juga cassette player- pun belum ada (baru kemudian diawal tahun 1970-an). Untunglah mereka yang mempunyai record player/ piringan hitam atau tape recorder, tapi waktu itu kami tak punya, makanya kami hanya tergantung pada radio untuk mendengarkan lagu lagu.

Sekarang kalau dipikir lucu juga. Aku dan kakak perempuanku sering meributkan idola siapakah yang lebih jagoan. Penyanyi idola kakak adalah Ricky Nelson. Kakak dulu selalu bilang bahwa Ricky Nelson itu adalah penyanyi yang paling tampan sedunia dan suaranya adalah yang paling jernih dan lembut. Waktu itu karena masih di SD, kami tak mengerti bahasa Inggris. Pelajaran bahasa Inggris hanya dimulai dibangku SMP. Namun demikian, kami bisa mendapatkan copy surat dalan bahasa Inggris yang anak anak kirimkan ke penyanyi atau bintang film untuk meminta photonya. Kami berdua tak mau ketinggalan dan mengutip beberapa surat itu untuk dikirimkan ke penyanyi idola kami masing masing.

Hati ini betul betul berdebar keras waktu aku menerima surat dari Cliff. Alangkah bangganya menerima photo hitam putih lengkap dengan tanda tangannya. Dalam hati kupikir:”Cliff Richard sudah membaca suratku dan mengirimkan photonya untukku. Coba bayangkan!”……Seakan akan impianku sudah jadi kenyataan. Waktu itu tak terpikir kalau sebetulnya Cliff sendiri tak tahu menahu tentang surat suratku. Tentunya sekretarisnya yang membaca surat surat dan mengirimkan photo photo.

Tak lama kemudian, kakak juga menerima photonya Ricky Nelson yang jauh lebih besar ukurannya dan berwarna. Aku merasa dikalahkan, karena kakak bisa membuktikan bahwa penyanyi pujaannya lebih unggul.

Betul juga, kakak memamerkan tidak hanya satu photo tapi 3 buah photo ukuran besar 2 x postcard dan berwarna. Satu photo adalah Ricky Nelson sendiri, kemudian dengan isterinya Kris dan satunya lagi bersama keluarga Nelson (orang tua dan kakak laki lakinya).

Kakak mengejekku karena Ricky Nelson lebih murah hati dan Cliff pelit. Karena tak mau kalah, aku bilang setidak tidaknya Cliff masih bujangan dan Ricky Nelson sudah menikah. Kakak jadi diam, ha……

Aku terus menyukai lagu lagunya Cliff Richard sampai dewasa. Namun sekarang setelah lebih dari 45 tahun telah berlalu, rasanya suaranya penyanyi idolaku ini biasa biasa saja. (Sorry ya, Sir Cliff). Idola yang mendebarkan hati dimasa kecil sekarang hanyalah tinggal kenangan.

Untuk anda anda yang terlalu muda untuk mengenal Cliff Richard, inilah sedikit profilnya. Cliff Richard yang sekarang dikenal dengan panggilan Sir Cliff tidak pernah menikah, dan sampai saat ini masih membujang. Sedangkan penyanyi Ricky Nelson telah meninggal dunia disaat mengalami kecelakaan pesawat terbang ditahun 1985.

Cliff Richard:

  • Nama lahir: Harry Rodger Webb
  • Lahir: 14 Oktober 1940 di India yang waktu itu masih diduduki Inggris.
  • Kebangsaan: Inggris.
  • Genre musik: Rock and Roll, Pop.
  • Pekerjaan: Penyanyi dan Bintang Film dimasa mudanya.
  • Instrumen: Vokal dan Gitar
  • Masa aktif: Mulai tahun 1958 sampai sekarang.
  • Label musik: EMI, Colombia, Epic, Rocket, Papillon.
  • Band: The Shadow.
  • Gelar ‘Sir”: Pada tanggal 25 Oktober, 1995, Ratu Elizabeth menganugerahkan Queen’s Birthday Honour dan Cliff Richard menjadi Sir Cliff.
  • Beberapa lagu hit: Living Doll, The Young One, Summer Holiday, The Minute You’re Gone, Congratulation dsb.
  • Lagu yang populer setelah tahun 1970: We Don’t Talk Anymore, Mistletoe & Wine dan Millennium Prayer, Wired for Sound, Miss you Nights, Ocean Deep, Give A Little Bit more dsb.

Sir Cliff terkenal awet muda dan memiliki karir yang panjang.

Inilah link dari You Tube untuk mendengarkan sebuah lagunya: