Ingat zaman dahulu waktu masih sekolah ditahun 60-an. Waktu itu buku komik dan cerita silat dilarang dibawa kesekolah. Alasannya adalah karena buku cerita tersebut membuat anak anak kecanduan, maunya baca buku cerita itu terus dan lupa belajar atau bikin pekerjaan rumah.

Dizaman modern sekarang ini banyak alat alat elektronik yang sifatnya juga membuat orang kecanduan. Televisi, video/komputer games , dan internet terutama pergaulan melaui sarana internet jelas jelas membawa pengaruh terhadap kehidupan sehari-hari. Kalau televisi dan video games hanya sekedar membuat orang tergantung pada kegiatan tsb, lain lagi halnya dengan pergaulan melalui internet.

Sebuah statistik menyebutkan bahwa wanita lebih banyak melakukan kegiatan internet dibandingkan dengan kaum pria. Separoh dari orang orang yang bergaul melalui internet bohong mengenai umur, pekerjaan, status pernikahan dan photo pribadi. Dua puluh persen dari pengguna internet mengaku mengalami akibat negatif yang berpengaruh pada kehidupan mereka sehari-hari. Pergaulan melalui internet sudah dianggap sebagai salah satu faktor yang bisa mengakibatkan perpecahan rumah tangga. Sebelas persen dari pengguna internet menjadi kecanduan.

Jika kita merasa internet sudah berpengaruh buruk pada kegiatan sehari-hari, jawablah pertanyaan ini:

  1. Apakah anda merasa lebih senang dan puas disaat menggunakan internet untuk chatting, blogging , atau kegiatan internet lainnya?
  2. Apakah anda merasa semakin lebih menggunakan waktu untuk kegiatan ini ?
  3. Apakah anda duduk didepan komputer disaat sebenarnya harus mengerjakan kegiatan dan tugas lainnya?
  4. Apakah anda sudah mencoba mengurangi waktu on line tapi tak berhasil?

Hal lainnya yang memberikan peringatan bahwa mungkin anda sudah mulai kecanduan, adalah lupa makan dan lupa waktu disaat sedang on line.

Seperti halnya dengan kecanduan buku seri silat, pergaulan melalui internet yang dilakukan secara berlebihan  mengakibatkan terputusnya alam kenyataan dari daya pikir kita. Bahkan nonton televisi-pun bisa menjadikan orang tak sadar dengan kenyataan seolah-olah ter-hipnosi.

Dari renungan ini, kita harus bertanya pada diri sendiri. Sementara teknologi komputer berguna sekali untuk hal hal positif, tapi dari segi negatif-nya juga tak kurang bahayanya. Inginkah anda membiarkan anak anak sendirian dikamar mengahadapi komputer dan dengan bebas melihat-lihat apa yang ada di internet tanpa pengawasan sama sekali? Dari pada terlalu banyak waktu tersita oleh kegiatan di internet, bukankah kegiatan yang nyata lebih penting? Misalnya bergaul dengan teman teman, bermain olah raga atau ber-rekreasi dengan keluarga? Sama sekali tak sehat bagi anak anak untuk hanya tinggal didalam rumah terus nonton televisi, bermain video game atau melakukan kegiatan internet. Anak anak perlu untuk aktif , berlari-lari, bermain dan bergaul dengan anak anak lain. Hanya anda sendiri yang bisa memilih yang mana yang lebih sehat buat kesehatan rohani maupun jasmani.

Advertisements