Demam sepak bola kembali melanda dunia tahun ini. Siapakah yang akan masuk ke final terakhir? Dugaan saya adalah Brazilia dan Spanyol. Waktu kami nonton pertandingan FIFA World Cup tahun ini yang diadakan di Afrika Selatan, kami melihat Maradona yang masih antik tingkah lakunya sewaktu mengawasi permainan team negaranya. Ini mengingatkan saya pada pemain sepak bola dunia lainnya yang pernah terkenal dan dianggap paling unggul didunia. Yang saya ketahui hanyalah lima pemain yaitu:

Pele – Brazilia

Ingat dulu ditahun enam puluhan, Papa selalu mendengarkan pertandingan sepak bola dunia di radio. Saya sih masih kecil belum begitu tahu sepak bola, tapi Papa selalu memuji muji Pele. Pele adalah pemain unggulan dari Brazilia.

Dengan ukuran tubuhnya yang sedang sedang saja, Pele bermain sepak bola dengan penuh keseimbangan dan kecepatan dan bisa mengkontrol bola begitu tepat dan jitu baik dengan kaki maupun kepala.

Edson Arantes do Nascimento atau yang lebih terkenal dengan julukan Pele lahir di Brazilia 23 Oktober 1940. Karirnya dimulai waktu dia berumur 15 tahun bermain di klub sepak bola Santos. Walaupun beberapa klub sepak bola di Eropa meminta Pele untuk masuk klub mereka, Pele tetap bermain mewakili Brazilia. Ditahun 1972, Pele secara formal berhenti bermain sepak bola mewakili negaranya.

Yohan  Johan Cruyff – Nederland

Ditahun tujuh puluhan, bagi mereka penggemar sepak bola pasti tahu siapakah Yohan Johan/Johannes Cruyff. Saat itu Cruyff dianggap sebagai pemain jagoan dari negeri Belanda. Cruyff lahir 25 April 1947 dan mulai bermain sepak bolah sejak berumur sepuh tahun dan berhenti dengan profesinya sebagai pemain sepak bola sejak tahun 1984.

Selama profesinya sebagai pemain sepak bola, Cruyff terkenal dengan style permainannya yang dikenal dengan nama ‘Total Football’. Dengan style permainan ini, pemain berpindah posisi dan digantikan oleh pemain lainnya. Untuk ini pemain dilatih untuk memahiri posisi sebagai attacker, midfielder dan juga sebagai defender.

Cruyff terkenal mahir dalam tehnik bermain, kecepatan menggelandang bola dan daya pikirnya untuk menentukan langkah berikutnya. Terakhir bermain untuk team Balanda Ajax pada bulan Agustus 1973 dan kemudian  bergabung dengan team Barcelona dari Sepanyol.

Maradona – Argentina

Diego Armando Maradona lahir 30 Oktober 1960 di Buenos Aires, Argentina. Maradona disebut sebagai pemain sepak bola yang paling unggul dari semuanya. Saat ini ia adalah manager dari team nasional Argentina.

Maradona juga sudah mulai main sepak bola sejak umur sepuluh tahun dan mulai terkenal sebagai pemain professional pada tahun 1976. Pemain Argentina ini terkenal dengan kemampuannya menggelandang bola dengan amat cepat ‘full speed’ di bagian left wing menuju ke posisi didepan gawang dan memberikan bola ke pemain lainnya  dimana tendangan goal dilakukan. Maradona juga dikenal sebagai pemain kaki kiri.

Maradona berhenti bermain di tahun 1997 dan sejak Nopember 2008 sampai sekarang berperan sebagai ‘head coach’-nya Team Nasional Argentina.

 Ronaldinho – Brazilia

Ronaldo de Asis Moriera atau yang lebih dikenal sebagai Ronaldinho lahir di Porto de Alegre, Brazilia pada 21 Maret 1980. Keunggulan Ronaldinho sudah terlihat ditahun 1999 sewaktu ia mencetak enam goal dalam pertandingan Copa America.

Pada tahun 2001, Ronaldinho pindah dari team Argentina dan bergabung dengan PSG (Paris Saint-Germain) di Perancis. Dengan kepopulerannya yang semakin menanjak, kemudian ia pindah dan bergabung dengan club sepak bola Barcelona yang terbesar didunia hingga saat ini.

Ronaldinho terkenal dengan kemahirannya dalam menggelandang bola sambil melakukan gerakan dan trick yang lain dari pada yang lain. Gerakannya yang amat lincah dan cepat selalu mendapat sambutan riuh dari para penonton.

Ronaldo – Portugis

Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro atau yang lebih terkenal sebagai Cristiano Ronaldo lahir 5 Pebruari 1985 di SanAntonia, Portugal. Karirnya berawal sebagai pemain sepak bola remaja dan kemudian bermain di team Nacional. Pada tahun 1997 ia pindah ke Sporting Clube de Portugal.

Bakat pemain muda ini menarik perhatian manager Manchester United  (Alex Ferguson) dan pada tahun 2003 Ronaldo menanda tangani kontrak dengan Manchester United. Pemain yang terkenal paling mahal ini juga bermain untuk Real Madrid dan juga sebagai kapten dari Team Nasional Portugal.

Cristiano Ronaldo dihargai karena kemampuannya menggunakan dua belah kaki dan mampu bermain di left wing dan right wing.

Walaupun Ronaldo banyak dikecam karena pola hidupnya yang berlebihan, pemain sepak bola muda ini juga mempunyai sikap sosial yang bisa dihargai. Rupanya ia mengunjungi tempat tempat rawan yang dilanda Tsunami di Aceh (2004) dan menyumbangkan kurang lebih satu billion rupiah dengan jalan melelang bola, seragam baju dan sepatu olah raganya.

Dibawah ini adalah link dari YouTube untuk melihat Maradona berdansa:

Advertisements