Kemarin aku pergi ke Coles Super Market dan lihat duren yang bentuknya banyak yang  bulet bulet dan mungil. Harganya juga rada miring…. dibawah 4 dollar perkilonya. Aku lihat duren tersebut adalah duren Monthong dari Thailand…. Wah boleh juga, jadi aku milih yang bentuknya paling bullet/simetris dan paling kecil…. cukup untuk dimakan 3 orang ini.

Nah, ngomong tentang duren aku jadi ingat dulu pernah ngobrol dengan teman tentang  band  Duran Duran…. Eh datang teman yang lain yang tak ngerti ujung pangkal pembicaraan tapi nyelonong bilang: ”Siapa yang beli duren? Bagi dong!” Ha…. Ngomongin Duran Duran jadi dikira beli duren. Ha…..

Yang lucu lagi adalah zaman dulu diawal tahun 1990-an, waktu duren belum banyak dikenal disini di Aussie. Waktu itu hanya toko toko Asia yang menjualnya. Aku beli satu biji duren dan oleh penjualnya yang orang Vietnam itu, durennya dibungkus rapi dengan kertas koran dan dimasukkan kekantong plastik. Setelah beli duren ini aku pergi ke Super Market (Australian shop), nah waktu check out, si kasir bilang: “Can I check what’s in the bag?”… tangannya menuding kantong keresek yang kujinjing. Jadilah ketaroh kantong plastic yang isinya durian itu diatas meja counter. Mestinya aku bilang supaya hati hati karena isinya berduri tapi waktu tak terpikir sama sekali (absent minded). Jadi saja si kasir yang gadis masih muda berambut pirang  itu memasukkan tangannya yang berjari halus mulus dan membuka kertas koran pembungkus duren. Tiba tiba dia berteriak kesakitan…. jarinya tertusuk duri duren. Untung tidak berdarah dan dia lebih shock lagi waktu melihat apa yang terbungkus kertas koran tersebut. Dia bilang: “O my God, what the hell is this?….. It looks like a porcupine!”   Ha…. baru aku sadar bahwa duren itu buah yang masih terlalu eksotik dan tak banyak orang bule tahu. Jadilah banyak orang sekeliling yang memandang kearah kami dan aku jelaskan apakah duren itu. Untungnya duren yang masih frozen/membeku itu tidak terlalu bau….. Wah kalau tidak kan malu waktu dibuka bau ‘mak sreng’….. Kan mereka orang kulit putih itu bilang duren baunya seperti **** Ha… anda tahu sendiri………..

Ingat peribahasa tentang durian yaitu ‘Bagaikan mendapat durian runtuh” yang artinya adalah mendapatkan rejeki atau keuntungan secara tiba tiba dan tak diharapkan. Tapi mikir mikir kalau runtuhnya diatas kepala, kan itu engga untung. Bayangkan ada duren jatuh diatas kepala, mana pohon duren itu kan banyak yang tinggi tinggi…… He…. bisa bisa dokter-nya yang untung karena mendapat pasien yang kepalanya berdarah dan gegar otakn ya. Ha…. Oh ya, dulu banyak yang cerita bahwa harimau itu rupanya suka makan durian. Jadi dulu waktu di pulau Jawa masih banyak harimau, banyak orang bilang hati hati kalau mendekati pohon durian dihutan karena bisa bisa kepergok ketemu harimau…..Bukannya jadi untung dapat durian runtuh, tapi bisa bisa malahan jadi mangsa harimau.

Eh… ini aku lagi iseng ngelamunin tentang durian. Duren yang kemarin kubeli itu masih segar sekali dan manis…… Kecil, tapi  terdiri dari 6 bagian jadi kan isinya banyak sekali dan kulitnya tipis. Eh jadi besok kepingin beli lagi:)

Oh ya, aku sudah pernah blogging tentang durian, kalau penasaran silahkah buka:

https://kiyanti2008.wordpress.com/2008/11/08/smelly-king-of-fruit/