Oleh PBB, tahun 2010 ini ditetapkan sebagai tahun Biodiversity yang tujuan utamanya adalah menghimbau semua negara negara untuk melestarikan keberagaman biologis. Saat ini manuasia adalah mahluk nomor satu penyebab musnahnya atau hampir musnahnya berbagai macam binatang dan tumbuh tumbuhan.

Banyak orang yang berpikir, orangnya saja sulit untuk hidup dengan layak, kenapa mesti peduli dengan binatang liar dan hutan. Yang paling penting kan kepentingan manusia? Namun bisakah manusia dan bumi ini hidup tanpa binatang binatang liar dan hutan?

Kita sebagai mahluk yang percaya bahwa Tuhan adalah sang Pencipta harus sadar bahwa ciptaan Tuhan itu tidaklah sia sia. Semuanya yang ada dibumi ini diciptakan karena mempunyai fungsi masing masing yang saling menunjang satu sama lain. Bukan hanya sebagai hiasan saja.

Binatang diciptakan untuk makanan baik buat manusia sendiri, binatang itu sendiri dan juga buat sumber pupuk tanaman hutan.  Beberapa tanaman penyebarannya tergantung dari biji yang ada dikotoran binatang yang memakan buah buahnnya.

Apakah Biodiversity itu? Biological Diversity adalah keberagaman kehidupan didunia yang mencakup ecosystem dan keberagaman species yang terdiri dari binatang, tanaman dan mikro organisme. Banyak sekali macam ecosystem didunia ini misalnya yang ada dihutan belantara, lautan, sungai dan danau. Setiap macam ecosystem ditempatnya masing masing, memiliki sistim tersendiri dimana semua kehidupan saling menunjang satu sama lain. Dengan hilangnya satu saja penunjangnya, maka ecosystem ini akan tak sempurna yang mengakibatkan rusaknya penunjang lain yang ada.

Apakah manfaat utama biodiversity tersebut buat kehidupan didunia ini ?

  • Menjaga kualitas udara: Berbagai jenis tanaman membersihkan udara dan menjaga keseimbangan atmosfir dengan proses photosynthesis dan penyerapan racun kimia diudara yang disebabkan oleh industri.
  • Menjaga kualitas tanah: Micro organisme ditanah seperti cacing, jamur, bakteri dan organisme microscopic lainnya menghancurkan daun daun, kotoran binatang dan bangkai binatang dan mengubahnya menjadi pupuk buat tanaman.
  • Menjaga kwantitas dan kwalitas air: Hutan tropis menjaga turunnya hujan, selain itu pohon pohon dan tanaman menyaring air dan menghindarkan tanah longsor dan banjir.
  • Mencegah hama: Sekitar 90 persen dari hama dikendalikan oleh organisme lain yang terdiri dari berbagai macam serangga, burung, jamur dsb.
  • Menjaga keseimbangan cuaca: Tumbuh tumbuhan dan jaringan organisme lainnya yang termasuk didalam satu ecosystem antara tanah dan lautan meyerap carbon dengan demikian mengurangi tertimbunnya carbon dioxide di atmosfir.
  • Sumber bahan pangan: Biodiversity meluaskan sumber bahan makanan. Semakin banyak macam tumbuh-tumbuhan dan binantang yang bisa dikonsumsi, semakin banyak sumber bahan pangan.

Planet dunia inilah satu satu-nya tempat dimana kita semua bisa hidup, kalau sampai rusak akan kemanakah kita pergi?

Beberapa binatang yang teracam punah: