Little Monkey in Shopping Plaza

Bulan Agustus yang lalu, waktu jalan jalan disalah satu shopping plaza di Bandung, kami melihat monyet yang mungil disebuah pet shop disitu. Warnanya kuning dan kelihatannya monyet ini masih kecil. Waktu kami perhatikan, monyet kecil itu kelihatan melas sekali. Sendirian terkurung di kurungan besi kecil. Kami ambil potretnya dan kemudian saya menulis sebuah sajak mengenai monyet ini yang terdapat di blog saya:

https://kiyanti2008.wordpress.com/2009/10/09/monyet-kecil-di-shopping-plaza/

Sejak itu saya mecoba untuk mengidentitas jenis apakah anak monyet ini. Kebetulan saya menemukan artikel tentang monyet Franqois  Langur yang lahir di Taronga Zoo di Sydney beberapa waktu yang lalu. Waktu saya lihat gambarnya, saya jadi ingat monyet kecil di shopping plaza di Bandung itu. Mungkinkah monyet kecil berwarna kuning ini dari jenis langur? Di Indonesia monyet jenis langur adalah yang dinamakan lutung. Mungkinkah monyet kecil ini lutung Jawa?

Lutung Jawa (Javan Lutung)  

Lutung yang terdapat di Indonesia kebanyakannya berwarna hitam, tapi ada jenis lutung Jawa yang termasuk dari species Trachypithecus auratus yang juga dikenal dengan nama Javan langur  berwarna coklat kekuningan.  Anak lutung waktu masih kecil berwarna kekuningan dan berubah menjadi hitam setalah dewasa. Namun ada dari jenis T. auratus yang warnanya tetap kekuningan atau coklat muda.

Monyet yang sekarang terancam punah ini hidup berkelompok dalam satu keluarga dan aktif disiang hari. Ekornya panjang hampir dua kali ukuran badannya (panjang badan sekitar 50 cm) dan terkenal sebagai pemakan daun dimana dedaunan adalah makanan utama disamping juga memakan buah buahan, bunga bungaan dan serangga. Anak anak lutung dalam satu keluarga diasuh bersama sama, dimana disatu keluarga terdiri dari satu atau dua jantan dan beberapa betina. Satu kelompok/keluarga biasanya tidak lebih dari 10 ekor.

Melihat monyet kecil di shopping plaza it, membuat saya merasa sedih apalagi mengingat bahwa jenis monyet ini sudah teracam punah.  Bukankah setiap mahluk dimuka bumi ini berhak untuk hidup di-habitat masing masing? Bagitu menyedihkan jika nantinya monyet langka ini hanya bisa dilihat di kebun binatang atau terkurung sebagai binatang piaraan atau bahkan punah sama sekali.

Link untuk membaca tentang upaya melestarikan lutung di Jawa Timur:

http://erabaru.net/iptek/80-bumi-lingkungan/5235-lutung-jawa-masih-dijual-bebas-di-jember