Hari Natal semakin mendekat dan mulailah tampak pajangan Natal di Shopping Centre dan juga dirumah rumah. Tidak saja hiasan khas, namun music dan lagu lagu Natal-pun mulai terdengar kembali.

Saya pribadi suka mendengarkan musik instrumental dan ini juga termasuk lagu lagu Natal. Kebanyakan lagu Natal instrumental bernada tradisional seperti misalnya piano, organ, orchestra dan sebagainya. Ini  sudah umum dan tidak aneh. Namun dua tahun belakangan ini saya menemukan irama Natal instrumental yang lain dari pada yang lain dan saya amat menyukainya.

Ada dua grup music yang menjadi tenar dan banyak disukai karena album lagu lagu Natal mereka. Kedua grup music ini adalah Mannheim Steamroller dan Trans Siberian Orchestra.

Mannheim Steamroller adalah grup music dengan genre Neo-classical, New Age, Ambience dan Christmas Music, yang memasukkan  pengaruh electronik dan jazz. Mannheim steamroller sendiri adalah nama tehnik music (ascending arpeggio ) dari Jerman yang dimulai diabad 18. Perintis grup music ini adalah Chip Davis dan Jackson Berkey yang dimulai ditahun 1974 dan masih aktif sampai saat ini. Untuk membaca selengkapnya tentang grup ini:

http://en.wikipedia.org/wiki/Mannheim_Steamroller

Trans Siberian Orchestra (TSO) adalah grup music yang berasal dari New York dan  mulai aktif tahun 1996 hingga sekarang.  Orkestra yang memiliki genre Symphonic Rock, Progressive Metal dan Neo-classical ini amat terkenal dengan gelaran konser yang keren sekali dengan pertunjukan sinar laser-nya yang menakjubkan. Lagu lagu yang dimainkan tidak saja lagu Natal namun juga memainkan banyak lagu lagu klasik terkenal dari berbagai macam komposer. Untuk info lebih lengkap:

http://en.wikipedia.org/wiki/Trans-Siberian_Orchestra

Kalau anda menyukai nada modern untuk mendengarkan lagu lagu Natal tahun ini, saya mengusulkan album album Natal dari kedua grup musik ini.  Kita bisa menyambut hari kelahiran Yesus sambil menari dengan suka cita:)

Selamat Hari Natal 2009 dan Tahun Baru 2010……………