poor moonkey

Lihatlah aku!

Siapakah aku ini?

Berpegang erat pada terali besi merah

Duniaku hanya berapa langkah kecil

Aku ini sendiri menanti

Apa yang kuharapkan?

Aku sendiri tak tahu pasti

Pandanglah aku ini!

Mereka bilang aku ini sesuatu yang lucu

Mata mereka berseri melihatku terkesima

Tidakkah mereka itu melihat?

Mataku pudar karena jemu

Tidakkah mereka dengar jeritanku?

Takut dan pedih terkurung sendiri.

Ingatanku samar tertimbun nyeri

Badan dan kaki ini  kaku membeku

Dulu duniaku hijau

Dipepohonan itu kami bercanda

Hangatnya surya hampir kulupa

Pelukan mama sudah tak terasa

Hidup ini sekarang hampa

Aku ingin bebas lagi

Aku tak mau sendiri

Aku benci kurungan besi merah ini

Aku muak pada bau kotoranku sendiri

Aku ini bukan benda yang bisa kau miliki

Aku mau memanjat pohon pohon itu lagi

Tidakkah kau manusia dengar tangisanku ini?

Catatan: Monyet kecil ini kami lihat disebuah Pet Shop di salah satu pusat pertokoan di Bandung, Indonesia.

A little Monkey in a Shopping Plaza

Look at me!

Who am I anyway?

I’m clinging to this red iron rails

My world is just around this tiny space

All alone I am waiting

What am I hoping for?

I myself will never know

Watch me!

They think I am amusing

Those eyes sparkle starring at me

But don’t they see?

Boredom has clouded my eyes

Don’t they hear my cry?

I’m afraid and sad captured in this cage

My thoughts are hiding behind this pain

My feet and body are aching

Long ago my world was green

Among the trees life was fun and carefree

I can’t remember the warmth of the sunlight

No more  I feel mother’s embrace

Now my life is an empty space

I want to be free!

I don’t want to be alone!

I hate this red iron cage!

I’m sick of all this dirt!

I’m not something that can be owned!

I want to climb trees again!

Don’t you human hear my plea?

Note: We saw this poor little monkey in a Pet Shop in a Shopping Centre in Bandung, Indonesia.