Angsa leher pendek di Pots Galore, Keysborough – Goose/Geese

Belum lama ini aku dan suami pergi ke Pots Galore di Keysborough. Disitu ada kolam dan beberapa bebek dan angsa. Kami lihat bebek dan angsa tersebut berenang-renang dan kemudian keluar dari kolam dan sibuk membersihkan bulunya yang dalam bahasa Inggrisnya adalah ‘grooming’.

Angsa-nya mama di Indonesia – Swan Geese

Waktu memperhatikan kedua jenis burung air tersebut, aku jadi mikir itu angsanya kok beda dengan angsa yang ada  di Indonesia. Angsa yang kami punya di Indonesia, lehernya lebih panjang, tubuhnya lebih besar dan lebih tinggi dan kepalanya nonong. Yang ini tubuhnya lebih pendek dan lehernya juga lebih pendek. Tapi jelas bukan bebek atau entog karena jauh lebih besar dan lebih tinggi.

Aku kemudian bilang ke suami: “Funny looking swans…. they have short necks” (Angsanya lucu, lehernya pendek”). Suamiku menjawab: “There is no swan here, they are geese!” (Engga ada swan disini, itu sih geese.”)

Ha, ha! Jadi aku sadar dalam bahasa Inggris ada tiga nama yaitu DUCK, GOOSE/GEESE dan SWAN. Sedang di Indonesia, yang aku tahu  adalah bebek, angsa dan entog (=bahasa Jawanya menthog). Anehnya yang namanya goose itu tidak seperti entog dan tak seperti bebek (atau yang juga disebut dengan nama itik)….

Bebek – Duck – Caribbean Gardens

Bebek/Duck

 
Jadi saja sesudah pulang kerumah, langsung aku cari info ke pakde Google. Engga tahunya yang dinamakan goose atau yang kata mejemuknya adalah geese itu adalah jenis angsa leher pendek dan berbeda dengan angsa/swan  ataupun bebek/duck.. Angsa berleher pendek masuk ke dalam suku Anserini, namun angsa masuk ke dalam suku Cygnini. Sedangkan bebek/duck adalah dari suku Anatidae. (Ini pengertianku…. kalau salah silahkah komentar).

Angsa Hitam – Black Swan – Albert Park Lake

 

Setelah dibikin agak pusing, aku bisa ambil kesimpulan bahwa yang dinamakan goose atau geese dalam bahasa Inggris itu, bahasa Indonesianya adalah ‘angsa leher pendek’…… dan angsa leher pendek ini  lain dari bebek, entog atupun angsa. 
Jadi mikir nih…. kalau begitu bebek dan entog(menthog) itu apa bedanya??? Nah yo!!! Ha….. Setahuku bebek yang banyak dipelihara itu badannya langsing dan lebih tegak kalau beridiri dan telurnya biru/hijau. Namun demikian, karena jenis bebek itu banyak sekali mungkin tidak semua telurnya biru/hijau. Entog atau menthog itu yang rupanya juga sejenis bebek/duck,  lebih besar dan gemuk bentuk badannya dan kakinya lebih pendek dan telurnya tidak biru tapi putih keabuan.Nah kalau begitu angsa dan goose itu telurnya warna apa dong? Oh my God! Engga habis pertanyaannya. Kalau telurnya goose si angsa leher pendek aku tak tahu warnyanya. Namun kalau angsa peliharaan kami dulu (swan goose) telurnya besar sekali dan berwarna putih. Dulu waktu masih kecil, mama sering bikin omlette telur angsa. 2 telur angsa yang besuarrr sekali itu lebih dari cukup untuk kami sekeluarga (6 orang) dan rasanya enak seperti telur ayam, tidak amis/anyir seperti telur bebek.

Entog/Mentok – Duck (Image from Wikipedia)

Catatan:  Setelah membaca dan melihat banyak gambarnya, ternyata kebanyakan jenis angsa peliharaan itu adalah keturunan dari  jenis Swan Goose (Anser cygnoides) atau juga disebut Chinese Goose yang berasal dari China, Mongolia dan Rusia Selatan.
  
Jadi ingat lagu anak dalam bahasa Jawa:
 
MENTHOG MENTHOG
 
Menthog menthog , tak kandani
Mung rupamu , angisin ngisini
Mbok ya aja ngetok , ono kandang wae
Enak enak ngorok , ora nyambut gawe
Menthog menthog , mung lakumu
Megal megol , gawe guyu
 
Oh ya, sebelum menutup tulisan ini, tahukah anda apa bahasa Jawanya angsa? Jawabannya: BANYAK.    Ha, ha, ha….
 
 
About these ads