Link to Facts on Lyrebird:  http://www.australianfauna.com/lyrebird.php

Lyre Lyre the Biggest Liar!!!! Ha, ha aku ingat dulu waktu belum lama  tiba di Australia. Kami pergi ke Healesville Sanctuary yang merupakan wildlife park khususnya untuk binatang asli di Australia. Waktu itu anak tetangga  yang orang Kamboja ikut pergi bersama kami.  Waktu kami mulai berjalan jalan sambil melihat kangguru, koala dan wombat, suamiku bilang kami harus melihat Lyrebird. Lyre itu ucapannya sama dengan kata liar (bahasa Inggris) yang artinya penipu. Langsung sianak Kamboja yang  berumur tujuh tahun itu tertawa geli. Sepanjang jalan dia tertawa mengikik dan akhirnya dia bilang lyrebird itu pasti suka menipu. Masa burung bisa menipu, katanya. Memang kenyataannya begitu! Lyrebird itu  begitu pandai ngibulin orang.

Bukan saja burung beo yang bisa membeo, tapi lyrebird jantan lebih pandai lagi. Bisa menirukan semua suara burung burung lain dengan jitu. Selain itu juga bisa menirukan suara buatan manusia misalnya bunyi gergaji , chainsaw dan suara alat alat bangunan lainnya, suara click-nya kamera, suara dari radio yang termasuk lagu dan nyanyian

Lyrebird (Menura novaehollandiae) adalah burung asli Australia yang banyak ditemukan dihutan hutan di Victoria, New South Wales, Queensland Tenggara dan Tasmania. Selain kepandaiannya menirukan suara, lyrebird jantan terkenal dengan keindahan ekornya dan tariannya. Untuk menarik perhatian burung betina yang amat polos penampilannya, burung jantan membuat onggokan-onggokan tanah yang tingginya bisa mencapai hampir satu meter. Disaat lyrebird jantan ini sedang mabuk kepayang, ia akan naik diatas onggokan tanah bagaikan seorang penyanyi berdiri diatas panggung. Kemudian ia akan membuka ekor yang akan melengkung kedepan nyaris menudungi kepala. Setelah itu, dalam usaha untuk mengambil perhatian sang betina, mulailah ia menyanyi.

Nyanyian lyrebird merupakan symphony yang dirancang tidak saja dengan menggunakan nyanyian ciptaan sendiri tapi juga sebagaian besar merupakan tiruan dari suara suara burung lain dan juga suara lainnya yang pernah didengar termasuk suara yang berasal dari manusia. Begitu persisnya burung ini menirukan suara burung burung lain, sehingga begitu sering pencinta burung yang ingin  melihat dan mendengar burung burung dihutan terkecoh.

Tak bisa dipungkiri, lyrebird adalah salah satu burung yang terindah dan paling unik. Kepintaraannya dalam menirukan suara betul betul mengagumkan. Begitu indahnya ciptaan Tuhan itu!!

]
About these ads